Monday, November 14, 2016

Artikel ini membahas tentang Teknik dan Prosedur Pergelaran Tari. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Teknik dan Prosedur Pergelaran Tari

Teknik dan prosedur dalam membuat pergelaran tari wajib benar-benar dilakukan dengan sistematis. Karena dengan cara dan tahapan yang cocok, pergelaran yang diadakan akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mencapai pergelaran baik sangat diperlukan perencanaan baik pula, dengan menyusun acara baik, diperlukan strategi khusus agar penyelenggaraan pergelaran itu tetap dapat diminati dan dinikmati oleh penonton. Susunan acara yang dibuat diusahakan jangan sampai monoton, sebab akan membuat penonton menjadi bosan.

Dalam pergelaran tari selain materi yang akan dipagelarkan diperhitungkan, di perhatikan pula apakah dalam penyajian tari itu ditarikan secara tunggal, berpasangan atau kelompok. Maka susunan tarian itu wajib ditata sehingga tidak terjadi Monoton dalam menikmati pergelaran itu.

Unsur lain yang terkandung dalam pergelaran tari seperti irama (ritme), iringan, tata busana dan tata rias, tempat serta tema. Menjadi hal yang perlu di pertimbangkan, sebab suatu pertunjukan seni akan melibatkan unsur yang lain sebagai unsur pendukung.
Teknik dan Prosedur Pergelaran Tari

Setelah kalian belajar mengenai teknik dan prosedur gerak dasar tari, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini!

  1. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat pergelaran tari?
  2. Jelaskan hubungan seni tari dengan cabang seni lainnya (seni musik, seni rupa, dan seni teater)?


Tugas kelompok:
Lakukan pengamatan dan perhatikan pergelaran seni yang ada di Sekolah kamu. Jelaskan bagaimanah proses pergelaran seni itu?

Sumber : Seni Budaya / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014




No comments:

Post a Comment