Tuesday, November 15, 2016

Artikel ini membahas tentang Nilai Estetis Dalam Kritik Tari. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Nilai Estetis Dalam Kritik Tari


Pernahkah kalian menilai sebuah karya seni? Apakah tujuan dari menilai sebuah karya seni? Nilai estetis dalam karya seni tari adalah hal yang sangat penting, dari nilai estetis sebuah karya seni seorang penonton dapat menikmati hal yang sulit diartikan dan memberikan kesenangan untuk penikmatnya. Tarian yang termasuk dalam kelompok pertunjukan adalah tarian yang ditata secara khusus untuk dapat dinikmati nilai artistiknya. Nilai estetis dalam karya seni tari tidak hanya dilihat dari gerak tari itu sendiri melainkan dilihat dari bermacam-macam aspek seni yang lain sebagai unsur pendukungnya.

Pemahaman dari seorang kritikus seni nilai estetis sangat dipengaruhi dari kepekaan rasa bagaimana penari dapat membawakan tarian dengan penuh penghayatan atau penjiwaan. Seorang penari dapat terlihat menarik sebab kostum yang digunakan menarik, mempunyai teknik menari baik, mempunyai penapilan pribadi yang mengesankan, memilliki kepekaan baik dalam ritme dan musik keberhasilan koreografi yang tepat dan bisa menggugah emosi baik pada penari atau bagi penonton.

Kepekaan estetis dapat diajarkan kepada murid dan penari melalui praktek tari atau saat mengoreksi gerakan yang dilakukan siswa atau penari. Seorang guru atau penata tari mengajarkan bagaimana seorang penari dapat melaksanakan gerak dengan baik dengan penuh penjiwaan, saling mengisi dengan iringan musik. Bagaimana menari sambil menghayati dialog dan iringan musik yang disertai adanya nyanyian dari seorang sinden atau vokalis. Bagaimana memilih bentuk dan warna kostum yang cocok dengan tarian itu, merias wajah, property tari yang digunakan dan sebagainya.

Dari kemampuan itu seorang tari dapat memberikan saran kepada atau kritikan kepada siswanya. Dengan begitu seorang murid juga dapat mempunyai bekal untuk dapat memberikan penilaian terhadat karya seni orang lain.
Nilai Estetis Dalam Kritik Tari
Tari Kotebang dari Betawi, mempunyai keunikan pada gerak yang diambil dari gerak silat

Setelah mempelajari nilai estetis pada kritik tari, tontonlah sebuah karya seni tari tradisional, cermati tarian itu dan utarakan pendapatmu tentang nilai estetis yang terdapat dalam karya seni tari itu? Diskusikan dengan teman sebangkumu!



Sumber : Seni Budaya Kelas X / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014




No comments:

Post a Comment