Sunday, November 22, 2015

Artikel ini membahas tentang Pembagian dan Jenis Musik Ansambel. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pembagian dan Jenis Musik Ansambel

Pengertian Musik Ansambel


Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis. Ansambel berarti suatu rombongan musik. Sedangkan pengertian ansambel menurut kamus musik, ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan seperti yang tertulis dalam sebutannya. Jadi, musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa perangkat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana. Musik Ansambel adalah kelompok musik / orkes yang digolongkan ke dalam jenis musik kamar, yaitu jenis penyajian musik yang ditampilkan di dalam ruangan tertutup dengan jumlah penikmat yang terbatas.

Berdasarkan sumber yang mengeluarkan bunyi, pembagian musik ada 4 macam, yaitu:

Kelompok musik membraphone.
Kelompok perangkat musik yang menggunakan selaput sebagai sumber bunyi dalam musik. Selaput ini ada yang mengeluarkan nada tertentu serta ada pula yang tidak mengeluarkan nada. Misalnya gendang, tifa, timpani, dll.

Kelompok musik aerophone.
Pembagian dan Jenis Musik AnsambelKelompok perangkat musik yang menggunakan getaran udara sebagai sumber bunyi dalam musik. Cara pemunculan bunyi pada kelompok perangkat musik ini dilakukan dengan mengembuskan udara pada perangkat musik, sehingga udara yang diembuskan mengeluarkan getaran keras dan berbunyi sesuai dengan nada yang diatur. Yang tergolong perangkat musik ini adalah semua perangkat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.

Kelompok musik idiophone.
Kelompok perangkat musik yang menggunakan bilah logam, bambu atau kayu yang dijadikan sumber bunyi dalam musik. Bilah-bilah ini hanya dapat mengeluarkan nada jika berbenturan dengan benda lain / dengan cara dipukul atau digerakan. Contoh: angklung, gamelan, xylophone, kolintang, arumba.

Kelompok musik chordophone.
Kelompok perangkat musik yang menggunakan beberapa sumber nada secara bersamaan sehingga membentuk paduan nada yang harmonis. Alat musik yang dapat digolongkan ke dalam kelompok ini adalah gitar, organ, piano, harpa, dll. Sumber bunyi yang digunakan dapat berupa dawai, bilahan nada, atau komponen elektronik yang diatur sedemikian rupa seperti pada keyboard elektrik / synthesizer.

Jenis-jenis musik ansambel

Musik ansambel sejenis.
Terdapat satu jenis perangkat musik dalam jumlah banyak. Biasanya nama musik ansambel sejenis disebutkan menurut perangkat musik yang digunakan.

Musik ansambel campuran.
Menggunakan perangkat musik melodis, harmonis dan ritmis yang dimainkan secara bersamaan. Kebersamaan ini sangatlah penting untuk menghasilkan sajian musik terpadu dan enak didengar. Selain itu, tempo yang digunakan harus stabil untuk memberikan kedisiplinan dan ketenangan jiwa, terutama untuk pemain musik.


Sumber : http://ilmu-fakta.blogspot.co.id