Saturday, October 31, 2015

Artikel ini membahas tentang Pengertian Notasi Musik (Notasi Balok dan Angka). Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Notasi Musik (Notasi Balok dan Angka)

Kata notasi musik berasal dari notation (aslinya dari bahasa inggris) yang maknanya adalah Angka-angka, cara menulis dan catatan. Dalam bahasa Indonesia notasi musik sering disebut not musik, jadi intinya not musik adalah ekspresi musik yang di tuangkan dalam bentuk simbol yang berwujud angka atau gambar not balok.

Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan oleh not (meskipun kadang istilah nada dan not saling dipertukarkan penggunaannya). Tulisan musik biasa disebut partitur.

Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada itu. Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.

Terdapat pula bentuk notasi lain, misalnya notasi angka yang juga digunakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, India, dan Tiongkok.


Notasi Balok dalam Musik

Unsur-unsur notasi balok

Interval not antarspasi (atau antargaris) adalah terts, sedangkan interval antara garis dan spasi adalah sekunde.

Dalam notasi balok, sistem paranada bergaris lima digunakan sebagai dasar. Bersama dengan keterangan tentang tempo, ketukan, dinamika, dan instrumentasi yang digunakan, not ditempatkan pada paranada dan dibaca dari kiri ke kanan. Durasi nada dilambangkan dengan nilai not yang berbeda-beda, sedangkan tinggi nada dilambangkan dalam posisi not secara vertikal pada paranada. Interval dua not yang dipisahkan satu garis paranada (yaitu berada pada dua spasi yang bersebelahan) seperti digambarkan pada ilustrasi di samping adalah interval terts, sedangkan interval antara not pada spasi dengan not pada garis adalah interval sekunde. Tanda kunci pada awal paranada menunjukkan tinggi nada yang diwakili oleh garis dan spasi pada paranada itu. Pada gambar di samping, kunci-G digunakan, menandakan bahwa garis kedua dari bawah melambangkan nada g¹. Dengan demikian, interval terts pada gambar di samping adalah pasangan nada a1–c2, sedangkan interval sekunde adalah pasangan nada a1–b1. Not-not yang melambangkan tinggi nada di luar jangkauan kelima garis paranada dapat digambarkan dengan menggunakan garis bantu yang diletakkan di atas atau di bawah paranada.

Contoh penggunaan notasi balok

Penggunaan notasi balok dijelaskan dalam contoh yang diambil dari bagian awal karya Johann Strauss, An der schönen blauen Donau yang disederhanakan.
Pengertian Notasi Musik (Notasi Balok dan Angka)
Bagian awal An der schönen blauen Donau yang disederhanakan.
  1. Di sebelah kiri atas pada awal lagu biasanya ditempatkan petunjuk tempo (yaitu kecepatan lagu), seringkali dalam bahasa Italia, yang di sini menunjukkan "tempo waltz". Selain itu juga terdapat penanda metronom dalam satuan BPM (beats per minute), di sini 142 ketukan per menit.
  2. Tanda birama menunjukkan ritme lagu. Angka di bagian atas tanda birama menunjukkan jumlah ketukan per birama, sedangkan angka di bawah menunjukkan nilai not per ketukan. Tanda birama 3/4 di sini menunjukkan bahwa terdapat tiga ketukan dalam birama, satu ketukan kuat diikuti dua ketukan lemah, dan masing-masing ketukan bernilai not seperempat.
  3. Garis birama adalah pemisah antarbirama.
  4. Pada bagian awal paranada terdapat kunci-G yang menandakan bahwa garis kedua dari bawah melambangkan nada g¹ (berfrekuensi sekitar 418 Hz).
  5. Tanda mula utama yang di sini terdiri atas dua tanda mula kres pada garis nada c dan f menunjukkan bahwa kedua nada itu dinaikkan setengah nada dalam semua oktaf (dimainkan sebagai nada cis dan fis) serta menunjukkan bahwa karya musik bersangkutan bertangga nada D mayor atau B minor.
  6. Not pertama adalah not seperempat dengan nada d1, dengan dinamika (nyaring lembutnya suara) mf (bahasa Italia, mezzo forte: agak nyaring). Dapat dilihat bahwa not itu langsung diikuti garis birama meskipun tiga ketuk dalam birama itu belum selesai. Dengan demikian, karya ini dimulai bukan dengan ketukan pertama bertekanan, melainkan dengan ketukan ketiga lemah dalam suatu birama pembuka (anacrusis).
  7. Not kedua juga adalah not seperempat dan bernada d1 yang jatuh pada ketukan pertama dalam birama selanjutnya.
  8. Tanda legato menghubungkan not d1 itu dengan not fis1 dan a1, menandakan bahwa ketiga not itu wajib dimainkan secara legato (sambung-menyambung).
  9. Pada birama selanjutnya terdapat not setengah bernada a1 berdurasi dua ketukan.
  10. Berikutnya terdapat not seperempat dengan dua kepala not pada posisi nada fis2 dan a2, menandakan bahwa kedua nada itu wajib dimainkan bersamaan. Di atas not itu terdapat tanda staccato, menandakan bahwa not itu wajib dimainkan secara staccato (terpisah nyata dari not sebelum dan sesudahnya).
  11. Tanda diam seperempat menandakan bahwa tidak ada nada yang dimainkan selama (dalam hal ini) satu ketukan.
  12. Di bawah tiga birama terakhir terdapat tanda decrescendo, menandakan bahwa pada ketiga birama itu terdapat perubahan dinamika, yaitu dimainkan makin melembut (dapat juga ditulis decresc. atau dim., diminuendo).


Notasi Angka dalam Musik

Dalam notasi angka, not ditentukan dengan angka 1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (sol), 6 (la) dan 7 (si). Nada 1 tanpa titik adalah nada C natural di notasi balok. Tanda satu titik di atas not, menunjukkan bahwa not itu naik satu birama dari nada asli, sedangkan tanda satu titik di bawah not menunjukkan bahwa not itu turun satu birama dari nada asli.

Membaca Notasi Angka


Pengertian Notasi Musik (Notasi Balok dan Angka)
Notasi angka 4 suara SATB

  1. Do = G menunjukkan nada dasar lagu itu.
  2. 4/4 menunjukkan Tanda birama yang menunjukkan ritme lagu. Angka di bagian atas tanda birama menunjukkan jumlah ketukan per birama, sedangkan angka di bawah menunjukkan nilai not per ketukan. Tanda birama 4/4 di sini menunjukkan bahwa terdapat empat ketukan dalam birama, satu ketukan kuat diikuti tiga ketukan lemah, dan masing-masing ketukan bernilai not seperempat
  3. Tempo = 66 menunjukkan tempo lagu, maknanya dalam satu menit ada 66 ketuk.
  4. SATB menunjukkan tipe suara yang menyanyikan baris itu.
  5. P berarti 'piano' yang berarti lembut, maknanya lagi ini dengan dinamika yang lembut.
  6. Tanda Crescendo yang dilanjutkan dengan tanda decrescendo, menunjukkan ada perubahan dinamika, yakni mengeras, lalu melembut lagi.
  7. Garis birama yang adalah pemisah antar birama.

Sumber : id.wikipedia.org




Friday, October 30, 2015

Artikel ini membahas tentang Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Seni Rupa adalah salah satu bagian kesenian yang penerapannya berbentuk dua atau tiga dimensi sebab memiliki panjang dan lebar, serta volume. Seni rupa adalah ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain.

Seni rupa adalah seni yang cara pengungkapannya diwujudkan dalam bentuk rupa, yang meliputi unsur garis, warna, bidang, tekstur, gelap terang, dan titik. Seni rupa adalah realisasi dari sebuah imajinasi yang tanpa batas dan tidak ada batasan dalam sebuah karya seni. Sehingga dalam berkarya seni tak akan kehabisan ide dan imajinasi.

Lebih jauh mengenai seni, ya seni sangat mempengaruhi kehidupan manusia saat ini. Bisa kita bayangkan jika hidup tanpa seni, pasti tak akan berawarna dan tentunya membosankan. Dan itulah salah satu fungsi seni, yakni untuk memuaskan hati manusia akan keindahan yang bisa menyemangati hati dan pikiran. Seni rupa sendiri juga begitu, seperti batik yang coraknya melambangkan sesuatu dan mempunyai makna tersendiri.

Seni sendiri berasal dari bahasa sansekerta (sani) yang berarti ‘pemujaan, persembahan dan pelayanan’. Jadi, kata itu punya kaitan yang erat dengan upacara keagamaan yang juga disebut dengan ‘kesenian’. Padmapusphita berpendapat bahwa, seni itu berasal dari kata ‘genie’ (bahasa Belanda) yang dalam bahasa latin berarti ‘genius’, tu maknanya seni adalah kemampuan luar yang dibawa sejak lahir. Sedangkan jika menurut kajian yang terdapat dalam ilmu eropa disebut dengan ‘art’ yang bisa diartikan sebagai artivisual dari suatu benda yang melaksanakan suatu kegiatan tertentu.

Seiring dengan perkembangan zaman, bermunculan bermacam-macam macam pendapat yang cobalah disampaikan oleh para ahli di dunia ini untuk sekedar mendeskripsikan mengenai seni dari sudut pandang mereka. Berikut beberapa pendapat para ahli tersebut.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli


Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton.
Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli
Alexander Baum Garton

Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif, serta menjadikan setiap orang yang meilhat atau mendengarnya merasa bahagia.

Pengertian seni menurut Emmanuel Kant.

Seni adalah suatu impian yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.

Pengertian seni menurut everyman encyclopedia.

Seni adalah segala sesuatu yang dilakukan seseorang, namun bukan berdasar pada dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan atas kehendak kenikmatan, kemewahan ataupun kebutuhan spriritual.

Pengertian seni menurut Leo Tolstoy.

Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang lalu diungkapkan pada orang lain dengan harapan agar mereka bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.

Pengertian seni menurut Aristoteles.

Seni adalah usaha peniruan yang dilakukan pada alam, tetapi sifatnya wajib ideal.

Pengertian seni menurut Plato dan Rousseau.

Seni adalah hasil peniruan dari alam dengan segala seginya.

Pengertian seni menurut ensiklopedia Indonesia.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli
Ki Hajar Dewantara
Seni adalah ciptaan dari segala hal yang keindahanya mampu membuat orang merasa senang saat mendengar ataupun melihatnya.

Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara.

Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaan yang bersifat indah, sehingga mampu menggetarkan hati dan perasaan manusia.

Pengertian seni menurut Akhdiat Karta Miharja.

Seni adalah perbuatan manusia yang mencoba untuk merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya atau bentuk yang isinya mempunyai daya tarik untuk membangkitkan suatu pengalaman tertentu dalam alam rohani.

Pengertian seni menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi.

Seni adalah aktifitas batin yang melibatkan pengalaman estetis yang diungkapkan dalam sebuah bentuk agung, yang lalu mampu membangkitkan rasa haru dan takjub.

Pengertian seni menurut Drs. Sudarmaji.

Seni adalah segala bentuk manifestasi batin serta pengalaman estetis yang melibatkan media bidang, garis, tekstur, warna, volume, serta gelap dan terang.

Pengertian seni menurut Nandawan L. Hasanah.

Seni adalah ekspresi jiwa yang mempunyai unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu media tertentu yang bersifat nyata dan bisa dinikmati oleh kelima panca indera.

Pengertian seni menurut Popo Iskandar.

Seni adalah sebuah hasil ungkapan emosi yang ingin ditunjukkan kepada orang lain dalam hidup berkelompok/bermasyarakat.

Pengertian seni menurut Schopenheur.

Eni adalah segala macam usaha yang dilakukan untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.

Pengertian seni menurut Eric Ariyanto.

Seni adalah kegiatan rohani atau aktifitas batin yang lalu direfleksikan dalam bentuk karya yang bisa membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang mendengar atau melihatnya.

Dari penjabaran beberapa pendapat di atas bisa kita simpulkan bahwa seni itu adalah hasil dari aktifitas batin yang lalu direfleksikan dalam bentuk suatu karya yang lalu mampu membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang meihat atau mendengarnya. Dalam pengertian ini yang dikategorikan sebagai seni adalah seluruh kegiatan yang mampu menghasilkan suatu karya yang indah.




Artikel ini membahas tentang Pengertian dan Cara Membuat Karya Seni Kolase dengan Benar. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian dan Cara Membuat Karya Seni Kolase dengan Benar

Keberadaan barang-barang bekas seperti, majalah lama, koran bekas, pakaian, kardus, kaleng, plastik kemasan, dan daun-daun kering di sekitar rumah kita acapkali dirasakan mengganggu   kebersihan   dan  kenyamanan hidup.

Semua ini benar adanya jika barang-barang bekas itu hanya dilihat sebagai “limbah” atau rongsokan yang tidak berguna. Namun jangan buru-buru Anda buang barang-barang bekas itu sebab Anda dapat menyulap “limbah” itu menjadi barang-barang yang “berharga”. Sentuhan ide-ide kreatif yang segar dan ketrampilan artistik yang Anda miliki akan menghasilkanmacam  kreasi kolase yang unik dan tidak ada duanya.

Pengertian dan Cara Membuat Karya Seni Kolase dengan Benar
Ketika masih di Sekolah Dasar Anda mengenal istilah “kolase” melalui aktivitas menghias kendi atau hiasan dinding dengan biji-bijian atau potongan perca. Mendekorasi permukaan suatu benda dengan menempelkan sesuatu di permukaannya adalah jenis kria yang tertua diciptakan oleh manusia. Menurut para ahli diperkirakan kegiatan ini bermula di Venice, Italia kira-kira pada abad 17 saat kota Venice menjadi terdepan dalam hal percetakan di Eropa. Seni kolase berkembang pesat di Perancis, Inggris, Jerman dan kota-kota lain di Eropa.

Dalam perkembangannya lalu kolase secara kreatif dimanfaatkan sebagai unsur estetik yang personal dalam sebuah karya lukis. Kolase menjadi media yang digemari oleh kalangan seniman dunia. Pablo Picasso, George Braque dan Max Ernest terkenal dengan karya-karya lukisnya yang memanfaatkan kolase kertas, kain dan bermacam-macam objek lainnya. Hal ini adalah inovasi kreatif dari seniman ini dalam kurun waktu 90 tahun yang lalu. Henri Mattise adalah salah satu seniman yang giat berkreasi dengan kolase saat jari-jari tangannya terserang arthritis hingga tidak mampu melukis lagi. Mattise beralih ke kolase, dia memotong-motong kertas warna dalam ukuran besar dengan bermacam-macam bentuk hingga tercipta mural kertas yang indah (Linderman, E. W.,1984:141-142).  Di situs ini Anda akan diberikan tips-tips praktis membuat kolase dari bahan-bahan bekas atau bahan-bahan alam yang terdapat di lingkungan sekitar. Anda dapat memanfaatkan kolase untuk bermacam-macam kebutuhan. Membuat kolase dapat adalah prosedur menghias atau mendekorasi yang sangat atraktif untuk diaplikasikan pada kartu ucapan, tas kertas, kotak hias, cover buku, bingkai foto, baki kayu dan lain sebagainya. Selain itu, Anda dapat pula mengembangkan kolase sebagai unsur estetik dalam seni lukis atau mengeksplorasi secara kreatif sebagai karya seni.

Pengertian Kolase


Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari bermacam-macam bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bermacam-macam macam paduan bahan. Selama bahan itu dapat dipadukan dengan bahan dasar, akan menjadi karya seni kolase yang dapat mewakili persaan estetis orang yang membuatnya.
Pengertian dan Cara Membuat Karya Seni Kolase dengan Benar

Seni kolase berlawanan sifatnya dengan seni lukis, pahat atau cetak dimana karya yang dihasilkan tidak lagi memperlihatkan bentuk asal material yang dipakai. Pada seni lukis, misalnya, dari kanvas putih menjadi lukisan yang berwarna-warni. Dalam seni kolase bentuk asli dari material yang digunakan harus tetap terlihat. Jadi kalau menggunakan kerang-kerangan atau potongan-potongan foto, material itu wajib masih dapat dikenali bentuk aslinya meskipun sudah dirakit menjadi satu kesatuan.

Dalam sejarahnya, seni kolase berkembang pesat di Venice, Italia, kirakira pada abad 17. Selanjutnya seni ini kian berkembang di Perancis, Inggris, Jerman, dan kota-kota lain di Eropa. Kolase menjadi media yang digemari kalangan seniman karna unik dan menuntut kreativitas tinggi. Pelukis Pablo Picasso, Georges Braque dan Max Ernst terkenal dengan karya lukis memakai teknik kolase kertas, kain dan bermacam-macam objek lainnya. Henri Mattise adalah salah satu seniman yang beralih kepada seni kolase saat jari-jari tangannya terserang arthritis sehingga tidak mampu melukis lagi.


Pemanfaatan bahan baku kolase yang bermacam-macam akan menghasilkan karakter bentuk kolase yang unik dan menarik yang dapat dibedakan menjadi : kolase dua dimensi dan kolase tiga dimensi untuk fungsi yang berbeda.

Unsur-unsur rupa yang terdapat pada kolase antara lain :

  • Titik dan Bintik: titik adalah unit unsur rupa yang terkecil yang tidak mempunyai ukuran panjang dan lebar, sedang bintik adalah titik yang sedikit lebih besar. Unsur titik pada kolase dapat diwujudkan dari butir-butir pasir laut. Sedang bintik dapat diwujudkan dari  lada atau biji-bijian yang berukuran kecil dan sejenisnya.
  • Garis: adalah perpanjangan dari titik yang mempunyai ukuran panjang namun relatif tidak mempunyai lebar. Ditinjau dari jenisnya garis dapat dibedakan menjadi: garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus dan garis spiral. Unsur garis pada kolase dapat diwujudkan dari potongan kawat, lidi, batang korek, benang dan sebagainya.
  • Bidang: adalah unsur rupa yang terjadi sebab pertemuan beberapa garis. Bidang dapat dibedakan menjadi bidang horizontal, vertikal, melintang. Aplikasi unsur bidang pada kolase bisa berupa bidang datar (2D) dan bidang bervolume (3D).
  • Warna: adalah unsur rupa yang penting dan salah satu wujud keindahan yang dapat dicerap oleh indera penglihatan manusia. Warna secara nyata dapat dibedakan menjadi warna primer, sekunder dan tertier. Unsur warna pada kolase dapat diwujudkan dari unsur cat, pita/renda, kertas warna, kain warna-warni dan sebagainya.


Cara Membuat Karya Seni Kolase dengan Benar


Bahan-bahan pembuatan kolase antara lain:
1. Serutan Kayu
Untuk bahan kolase dapat digunakan serutan kayu yang wajib dikeringkan dahulu. Hal ini dimaksudkan agar warnanya tidak berubah, lalu serutan kayu dipotongpotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan siap untuk ditempel.

2. Kaca
Kaca yang digunakan adalah bekas potongan kaca yang biasa didapat di tempat orang yang memasang bingkai untuk gambar pajangan yang sudah tidak digunakanlagi. Agar kaca berwarna, dapat digunakan kaca biasa yang dicat. Kalau pemotong kacatidak ada, kaca dapat dibentuk dengan cara mengetok atau menghempaskan ke atas permukaan yang keras. Dengan cara ini akan diperoleh ukuran kaca yang tidak teratur dan tidak sama besar. Dalam pengolahan kaca diharapkan berhati-hati agar tidak terluka.

3. Batu
Batu yang cocok adalah batu akik sebab memiliki bermacam-macam warna, lalu diasah sehingga warnanya akan kelihatan lebih cemerlang.

4. Logam
Untuk kolase sebaiknya dipilih bekas-bekas logam yang gampang didapat, seperti seng, kuningan, dan aluminium. Plat logam dapat dipotong-potong dengan ukuran yang dikehendaki, lalu baru didatarkan ke bidang dasar kolase.

5. Keramik
Keramik mempunyai warna yang cukup banyak. Untuk keperluan membuat kolase dapat digunakan bekas potongan keramik untuk lantai rumah. Bahan ini dapat dipotongpotong, sesuai ukuran yang dikehendaki.

6. Tempurung (batok kelapa)
Untuk bahan kolase sebaiknya dipilih tempurung dari kelapa setengah tua sampai kelapa tua, lalu dibersihkan dari serat-serat sabut itu dihaluskan dengan ampelas. Setelah halus, baru dipotong dengan ukuruan yang dikehendaki.Tempurung dapat dipotong-potong dengan gergaji besi sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

7. Biji-Bijian
Biji-bijian diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, biji-bijian ini banyak pula macamnya, demikian pula bentuk, ukuran, warna, dan teksturnya. Biji-bijian ini hendaknya dikeringkan terlebih dahulu agar warnanya tidak berubah lagi demikian pula penyusutannya. Bila perlu, dapat pula digoreng tanpa minyak.

8. Daun-daunan
Daun-daunan adalah bahan kolase yang sangat gampang diperoleh. Untuk dijadikan bahan kolase, diambil daun kering atau daun yang sudah gugur. Pilihlah warna daun kering yang berbeda-beda agar dalam penyusunannya menjadi sebuah lukisan atau desain akan lebih mudah.

9. Kulit-kulitan
Kulit-kulit berasal dari kulit buah dan kulit batang tumbuh-tumbuhan. Tidak semua kulit buah dapat dijadikan bahan kolase, demikian pula dengan kulit batang, kulit salak, kulit kacang tanah, kulit jeruk, dan kulit rambutan. Kulit batang yang dapat dijadikan kolase di antaranya: rambutan, kulit pisang, dan kelopak bambu. Semua kulit-kulitan haruslah dikeringkan dahulu sebelum digunakan sebagai bahan kolase, lalu dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

10. Kertas Bekas
Untuk bahan kolase sebainya dipilih kertas yang berwarna. Semua kertas berwarna pada dasarnya dapat dijadikan bahan kolase. Kertas-kertas bekas sampul, majalah, poster-poster, almanak-almanak, kemasan rokok atau kemasan produk-produk industri dapat pula digunakan sebagai bahan kolase. Dalam pemakaian, kertas dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Teknik Pembuatan Kolase

  1. Siapkan bahan dari barang bekas, seperti koran, majalah, dan kertas. Media dan perangkat yang dibutuhkan: kalender bekas/kertas gambar, pewarna, gunting pensil, dan lem.
  2. Buat gambar bunga (atau gambar lain yang kalian inginkan) di kalender bekas/kertas gambar.
  3. Rencanakan penempelan bahan bekas pada gambar yang sudah kamu buat. Bahan bekas diberi pewarna terlebih dahulu.
  4. Gunting atau sobek bahan bekas menjadi ukuran kecil.
  5. Oleskan lem sedikit demi sedikit pada gambar yang akan ditempeli kertas.
  6. Tempelkan guntingan atau sobekan bahan bekas tadi pada kertas.
  7. Lakukan dengan rapi sesuai kreativitasmu. Usahan tempelan kertas  tertata dengan rajin sehingga hasil kolase juga rajin.






Artikel ini membahas tentang Unsur-Unsur Seni Tari. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Unsur-Unsur Seni Tari

Apa saja unsur yang terdapat dalam seni tari?  Unsur-unsur dalam tari terdiri atas beberapa jenis, unsur-unsur itu adalah satu kesatuan yang tidak dapat diabaikan dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Dalam tari unsur-unsur itu adalah ; (a) Gerak, (b) Tenaga, (c) Irama atau ritme, (d) Ruang, (e) wirasa dan (f) harmonis.

Unsur-Unsur Seni Tari

(a) Gerak
Gerak adalah medium utama dalam tari, sebab gerak adalah bahan baku atau subtansi dasar dari tari. Ide gagasan bermula dari gerak keseharian, bermain, olah raga, dan sebagainya lalu diolah kedalam bentuk stilasi dan distorsi  lalu di dikomposisikan dan disusun berdasar kebutuhan ungkapan tarian sehingga menjadi satu komposisi atau koreografi. Terdapar dua jenis gerak tari yaitu gerak maknawi adalah gerak yang mempunyai arti, dan gerak murni gerak tari yang tidak mempunyai arti khusus dimana ungkapan gerak seutuhnya untuk keindahan gerak semata.
Wiraga yaitu kemampuan penari dalam melakukan/menarikan gerak dengan benar dan baik.
Unsur-Unsur Seni Tari

(b) Tenaga
Tenaga dalam tarian terdiri atas tenaga kuat dan tenaga lembut, keduanya digunakan untuk mengawali, mengendalikan dan menghentikan gerak juga untuk membedakan adanya gerak yang bervariasi.
Baik tenaga kuat atau tenaga lebut keduanya dalam tari digunakan sesuai dengan kebutuhan ungkapan tarian seperti karakter,tema dan yang lainnya. Oleh sebab itu melalui unsur tenaga dapat membedakan jenis tarian yang satu dengan lainnya.

(c) Ritme / Irama
Ritme / irama adalah gerakan lambat, sedang dan cepat dalam tarian, setiap tarian dibawakan dengan ritme yang bervariasi sehingga tampak lebih menarik.
Wirahma yaitu kemampuan penari dalam melaksanakan penghayatan secara musical.

(d)Ruang
Pengertian ruang dalam tari adalah tempat yang digunakan untuk kebutuhan gerak. Gerak yang dilakukan dalam ruang dapat dibedakan ; (1) ruang sebagai tempat pentas dapat berupa arena, panggung proscenium, atau tempat pertunjukan lainnya. (2) ruang diciptakan oleh penari saat membawakan tarian. Ketika penari menarikan gerak burung ruang yang digunakan akan lebih luas dibandingkan ketika penari menarikan gerak semut.

(e) Wirasa
Unsur-Unsur Seni Tari
Yaitu kemampuan penari dalam mengekspresikan dan menghayati tarian yang dibawakan sehingga mampu menentukan sifat atau karakter tarian. Seperti ekspresi tari gagah, ekspresi tari halus, ekspresi tari lincah dan sebagainya.

(f)  Harmonis
Yaitu keserasian serta keterpaduan dari seluruh komponen tari yaitu ; wiraga, wirahma, dan wirasa saat penari menari diatas panggung.





Monday, October 26, 2015

Artikel ini membahas tentang Komponis pada Periode Zaman Klasik. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Komponis pada Periode Zaman Klasik


Komponis-komponis pada periode zaman klasik  (1750-1820) diantaranya adalah sebagai berikut.

1. DOMINICO SCHARLATTI

Domonico Scharlatti adalah seorang Komponis yang lahir di di Napels, Italia Utara pada tahun 1685 dan meninggal di Madrid Spanyol tahun 1757. Ia putra seorang komponis terkenal yaitu Allesandro Scharlatti yang juga merupakan guru musik pertamanya.

Pada tahun 1708 dominico melanjutkan belajar musik pada seorang ahli teori musik yang terkenal pada sat itu yang bernama Gasparinni di kota Vennice dan di kota inilah dia bertemu dengan G.F Handel dalam sebuah festival permainan Organ dan Harpsichord, Handel keluar sebagai pemenang. Pertemuan itu menjadikan keduanya bersahabat dan bertukar ilmu dalam komosisi musik.

Selanjutnya dia menjadi komponis istana Polandia yaitu pada Ratu Maria Casimire. Disanalah dia banyak menuliskan opera-opera untuk koncert pribadi ratu di Roma. Kecuali itu ia juga mendapat posisi sebagai komponis istana di Napels, Lisbon da Madrid yang ia jabat sampai akhir hayat tahun 1757.

Komponis pada Periode Zaman Klasik
DOMINICO SCHARLATTI
Dominico Scharlatti dikenal sebagai “Penemu Teknik permainan piano modern” , gaya permainan pianonya mempengaruhi banyak komponis besar diantaranya Felix Mandelson dan Franz Litz. Ia mengembangkan bentuk sonata untuk piano yang kemudian disempurnakan oleh Franz Josef Haydn. Ia menulis lebih dari 600 sonata dan lagu-lagu lain untuk Harpsichord. Virtuositasnya adalah pada instrument Harpsichord. Komposisi ciptaanya menuntut ketrampilan teknik yang luar biasa dengan menggunakan gerakan-gerakan yang berlawanan, arpeggio, triul dan akord patah-patah. Banyak karya musiknya yang ditranskrip untuk piano dan dijadikan repertoar-repertoar konser hingga sekarang. Ia juga banyak meninggalkan karya berupa sekumpulan tulisan untuk latihan Piano. Salah satu karya terkenalnay adalah Toccata dalam D minor yang diciptakan tahun 1730.

2. JEAN PHILPPE RAMEAU

Jean Philippe Rameau lahir di Dijon Prancis pada tahun 1683 dan meninggal di Paris Prancis pada tahun 1764. Darah seni mengalir dari ayahnya yang seorang organis gereja. Dia termasuk salah seorang komponis yang Jenius karena sudah dapat bermain harpsichord secara luar kepala ketika masih berumur tujuh tahun. Rameu pertama kali belajar musik secara resmi pada seorang guru terkenal dan seorang organis ternama di Paris bernama Louis Marchand.

Rameau menguasai beberapa instrument musik. Disamping sebagai organis dia juga seorang pemain Biola yang handal. Perjalanan karir yang dilaluinya cukup panjang dan bervariasi, antara lain ia perna mengadakan tour keliling Italia bersama rombongan opera Prancis sebagai pemain Biola. Tahun 1727 Ia menjadi organis gereja di St Paul Paris. Tahun 1732 diangkat sebagai organis di Saint Croix De La Britonarie, dan pada tahun 1736 masuk sebagai staf mengajar di Josuit College.

JEAN PHILPPE RAMEAU
Rameau adalah seorang komponis yang ahli dalam ilmu harmoni, ia tercatat sebagai “Penemu Harmoni Modern”. Pada tahap berikutnya Rameau termasyur karena teori-teori harmoninya yang dibuktikannya dengan menyatakan bahwa semua pembalikan akord mempunyai suatu “basse fundamental” yang sama. Dijelaskan pula semua fungsi harmonis dapat disedehanakan sampai hanya menjadi rtiga akord saja yaitu : akord tonika (1); akord sub dominant (iv) dan akord dominant dan fungsi akord sub dominant ini merupakan penemuan asli dari JP Rameau. Pada tahun 1726 ia menerbitkan buku harmoni berjudul Teori Musik Sistem Baru (The New Sisyem of Music Theory) yang menyatakan bahwa menyatakan semua akord berdasarkan interval tertz. Disamping sebagai komponis Rameau adalah seorang penulis dan penerbit dari buku-buku teori musik yang sangat terkenal. Sebagai komponos ia menulis Opera, Ballets, Cantata, motet dan suita.

Pada tahun 1745, raja Prancis mengangkat Rameau sebagai komponis istana dan memberi penghargaan tertinggi di hari kematiannya.

3. GUISEPPE TARTINI

GUISEPPE TARTINI
Lahir pada tahun 1692 di Pirano Italia. Ia lahir dari lingkungan keluarga kaya yang tidak menginginkan dirinya menjadi seorang seniman musik walaupun disadari Tartini memiliki bakat musik yang luar biasa. Keluarganya menginginkan Tartini menjadi seorang pendeta di Pirano atau menjadi ahli hukum dengan belajar ilmu hokum di Padua Italia. Tetapi karena jiwanya memang sudah di musik Tartini tetap belajar musik. Ia belajar musik pertama pada Franciscan Monastery seorang komponis terkenal dan seorang Virtuos pada instrument Biola. Pada tahun 1721 Tartini menjadi menjadi pemain solo instrument Biola di Padua pada gereja Sun Antonio. Tahun 1723 ia diangkat menjadi Conductur orkes istana Kinsky di Praha. Kemudian kembali lagi ke Padua pada tahun 1725 dan mendirikan sekolah virtuos.

Disamping sebagi komponis Tartini juga seorang penulis buku tentang teori musik dan akustik.Dia merupakan tokoh Biola yang penting dalam sejarah musik. Melalui tulisan-tulisan ia menuliskan penemuanya tentang “ Efect suara Harmonis permainan double-stop pada Biola” Ia juga ikut menyempurnakan bentuk penggesek (bow) biola dan ikut memikirkan tebal tipisnya dawai biola yang tepat. Melalui penemuannya teknik permainan musik Biola mencapai teknik yang cukup tinggi.

4. KARL PHILLIPPE EMANUEL BACH.

Lahir di Weimar jerman pada tahun 1714 dan meninggal di Hanburg Jerman 1788. Dia adalah putra dari Johan Sebastian Bach. Partama kali ia mendapatkan pelajaran musik dari ayahnya sendiri. Disamping musik ia juga belajar ilmu hokum di Frankfurt. Disamping sebagai komponis dia juga seorang virtuos untuk jenis instrument keyboard dan menjadi guru yang sangat baik pada jenis instrument tersebut.

Seluruh perjalanan hidupnya diisi dengan berbagai prestasi dibidang musik, ia disebut sebagai Bach dari Hamburg karena sejak tahun 1740 bertugas sebagai director musik di Hamburg sebagai pengganti Talemann. Dari tahun 1746-1757 ia menjadi pemain Clavicord dari kelompok musik kamar yang disponsori oleh Frederick yang agung dari Prusia yang merupakan seorang pemain Flute yang sangat mahir dan Bach bertindak sebagai pengiringnya. Dari tahun 11767 sampai akhir hayatnya ia menjadi pemimpin musik gereja di Hamburg. K.Ph.E Bach adalah seorang pemain Keyboard yang sangat handal. Pada instrument inilah di menjadi seorang virtuos. Ia menuliskan buku tentang seni bermain keyboard berjudul “Essay on the true Art Of Playing Keyboard Instrument” (1753). Buku ini masih digunakan sampai sekarang dalam pembelajaran gaya klasik harmonis. Karya-karya Emanuel Bach banyak berupa sonata yang umumnya terdiri dari tiga bagian dengan komposisi yang sangat subyektif. Dia muali melepaskan diri dari gaya ayahnya yang sangat dia hargai. Musiknya sangat dijunjung tinggi (melebihi karya ayahnya) pada akhir abad 18. Karya-karyanya meliputi 210 ciptaan untuk piano, 72 concerto dengan iringan orkes, Sonata, Minuet, Fuga, Mars dll. Kecuali itu ia mencipta 18 Symponi, komposisi instrumental, Oratorio, Motet, Pasi, Cantata, dan lagu-lagu kerokhanian.

Sepanjang karirnya Emanuel Bach sangat terkenal dalam pengembagang bentuk sonata untuk Piano. Ia sering dianggap sebagai komponis penghubung antara musik Polyponi dan musik Homoponi. Musik Pianonya bsangat dipengaruhi oleh Haydn,Mozart dan Beethoven. Ia memperkenalkan gaya ekspresi dramatis pada musik piano. Dan pada masa hidupnya sebenarnya ia lebih terkenal dari apda ayahnya.

5. CHRISTOHP WILLIBALD VON GLUCK

Lahir di Weidenwang Jerman pada tahun 1714 dan meninggal di Vienna Austri pada tahun 1787. Perjalanan hidupnya dalam dunia musik sangat mempengaruhi perkembanga musik teruama pada jenis musik Opera. Pada usia 12 tahun Gluck pergi ke Bohemia untuk belajar Vokal, Organ , Harpsichord dan Biola di sekolah Jesuit. Pada tahun 1732 diusia 18 tahun ia pergi ke Praha untuk melanjutkan study musiknya, disana dia juga sudah mulai menjadi pemain provesional untuk dala paduan suara gereja sebagi penyanyi.

Gluck dikenal sebagai tokoh Opera dan dijuluki sebagai “ Bapak Opera Modern” Dengan Mozart dia dikenal sebagai tokoh Opera terbesar pada jaman Klasik.Gluck berusaha membersihkan Opera Italia dari kebiasaan buruk yaitu seperti para penyanyi solo yang menyalahgunakan aria untuk menonjolkan diri dan menuntut komponis untuk menuliskan aria sesuai dengan keinginan mereka dsb. Hal tersebut dirubah oleh Gluck bersama dengan Sutradara Durazzo dan penulis Libreto Raniero di Calzabiqi di Wina. Yang ditekankan pada pembaharuan Opera Gluck adalah

  1. Musik harus mengabdi pada syair, harus mengekspresikan cerita secara batin maupun lahiriah.
  2. Musik harus melukiskan cirri khas pemain serta situasi tidak mandiri seperti dalam Balcanto.
  3. Aria Da-Capo diganti dengan Lied karena sebuah nyanyian/lied lebih alamiah dan wajar dari pada sebuiah aria.
  4. Resitatif yang diiringi secara dramatis oleh Orkes menggantikan resitatif sesco (hanya dengan iringan Cembalo)
  5. Koor diikut setakan dalam urutan cerita (seperti dalam drama Yunani Klasik), tidak baru tampil pada Finale
  6. Kelompok Ballet ambil bagian aktif sebagai koor yaitu sebagi Pantomim atau penari
  7. Overtur berfungsi sebagai pengantar pada cerita Opera dan tidak mandiri sebagai pembuka yang netral.
  8. Hendaknya dihindari gaya Opera Nasional karena musik bersifat internasional.


Perubahan yang dilakukan Gluck tidak serta merta diterima, orang menaruh perhatian tetapi tidak antusias. Perubahan itu baru dirasakan setelah Gluck pindah ke Prancis yang memberihkan Opera Italia dari cacad-cacad yang ada. Opera Prancis berubah bersamaan dengan perubahan pada struktur masyarakatnya. Gluck Oleh Rousseu dihargai sebagai seseorang yang berhasil merubah Opera Prancis yang dianngap mustahil menjadi hal yang nyata yaitu menjadi bentuk yang lebih jelas dan sederhana.

Dalam Musik Opera Gluck percaya bahwa musik sepenuhnya dapat membantu penampilan suatu cerita. Ia berpendapat musik lebih penting dari penampilan seorang pelaku. Opera jangan hanya menjadi tempat untuk mempertunjukan virtuositas seorang pemain tetapi harus menyatukan unsure Lyris dan Dramatisnya. Disamping sebagai tokoh Opera Gluck dikenal sebagai seorang Orkestrator yang besar, ia membuat musik Orkes sebagai bagian yang sangat penting dan bukan hanya sekedar pembantu atau pengiring. Overturenya sangat menyatu dengan Opera dan Opera ciptaannya selalu didasari pada cerita Mitos Yunani.

6. FRANZ JOSEF HAYDN

Frans Josef Hayden lahir dari kluarga musical pada tahun 1732 di Rohrou, Austria . Pelaran musiknya diawali pada tahun ke 5 usianya pada salah seorang sepupunya yang juga seorang komponis dan pemain musik Provesional bernama Johann Frank. Tahun 1740 menjadi anggota paduan suara kanak-kanak (boys Choir) pada katedral Santa Stephen di Vienna. Pada tahun 1775 menjadi conductor orkestra untuk pengeranFurnberg. Tahun 1758-1761 menjadi pimpinan orkes di istana Pangeran Morzin. Pada tahun 1761 diangkat sebagai pemimpin orkes di istana Pangeran Esterhazy.

Semasa hidupnya Haydn dianggap sebagai komponis religius terbaik dan paling besar. Ciptaan musik religiusnnya meliputi : Missa, Motet Oratorio. Dua komposisi Oratorionya yang sangat terkenal berjudul Te season dan The Creation yang diciptakan tahun 1801 dan Missa solemis dalam bes mayor yang diciptakan pada tahun yang sama. Haydn juga sangat memperhatikan jenis musik vocal, dia berpendapat bahwa suara manusia merupakan suara yang palinng indah disbanding suara instrument apapun. Haydn dijuluki sebagai “ Bapak Sympony Modern” karena dialah komponis pertama yang mengembangakan susunan orkes symponi seperti yang sekarang ini digunakan yang terdiri dari :

a. Seksi gesek
b. Seksi tiup kayu
c. Seksi tiup logam
d. Perkusi

Gaya symponi Haydn berciri jernih, lincah dan menarik. Ia menggunakan surprise humor pada komposissi symponinya yang bertujuan membangunkan para pengunjungnya yang mengantuk dengan hentakan suara timpani yang tiba-tiba. Hampir semua karya simponinya erdiri dari 4 bagian yaitu a. Introduksi allegro b. Andante c. Minuet d. Finale.

Haydnlah komponis yang pertama mengubah sedikit bentuk sonata dengan memberi minuet sebelum finale. Ia dalalah kompponis yang sangat kreatif dan prouktif. Sedikitnya 135 komposisi musik symponi dia ciptakan disamping jenis-jenis musik yang lainnnya. Haydn meninggal pada tahun1809 di Vienna Austria

7. LUIGI BUCCHERINI

Buccherini lahir di Lucca Italia tahun 1743 dan meninggal di Madrid Spanyol 1805. Buccherini belajar Instrumen pada ayahnya sendiri yang merupakan seorang pemain Bass professional tetapi pada putranya ia mengajarkan instrument Cello yang kemudian hari membentuknya menjadi seorang komponis dan pemain Cello yang sangat handal. Kemudia ia melanjutkan pelajaran musiknya pada Abbe Vanucci yang merupakan pemimpin paduan suara.

Dari tahun 1779- 1785, Buccherini menjabat sebagai komponis musik kamar untuk raja Spanyol. Dalam kurun waktu tesebut ia ia menulis 6 buah kwartet yang dipersembahkan kepada Ifante Do Louis, yang merupakan saudara raja. Pada tahun 1787 ia mempersembahkan kepada raja Freiderich Wilhelm II seorang raja dari Prusia yang kemudian menghadiahkan kepadanya sebagai komponis musik kamar untuk raja dengan gaji yang sangat besar.

Meskipun Buccherini seorang Italia tetapi ia lebih banyak mdipengaruhi oleh gaya komposisi Viennna terutama paada gaya musik kamar dan Symponinya yang sangat dipengaruhi oleh gaya Haydn. Buccherini tercata sebagai tokoh pertama yang mengembangkan musik kamar terutama pada instrument gesek, kegeniussannya tidak tertutup oleh kegeniusan komponis-komponis lain seperti Mozart dan Haydn. Buccherini tetap dikenal sebagai seorang virtuos dan komponis pada instrument Cello dan ia tetap dikenal sebagi seorang seniman pada jenis komposisi instrument gesek, ia menulis banyak komposisi untuk instrument gesek dan dikenal sebagai komponis pertama pada jenis komposisi kwintet gesek dan sekstet gesek, ia komponis yang sangat produktif untuk jenis musik kamar. Ia menulis 465 karya instrumental, 20 symponi, Opera, Kwartet gesek, sebuah oratorio dan sebuah Missa juga concerto.

8. MUZIO CLEMENTI

Lahir di Roma Italia tahun 1752 dan meninggal di Evesham Inggris tahun 1832 Awal pengenenalnya pada duni musik adalah sewaktu masih anak pada. Dia belajar musik pertama pada pimpinan paduan suara gereja setempat A. Buroni. Kemudian ia belajar musik pada pada seorang pemain organ terkenal ketika itu Condicelli. Ketika berumur 9 tahun dia diangkat sebagai organis gereja. Dan diusia 14 tahun beberapa komposisinya sudah dipagelarkan di depan publik. Pada usia itu juga Clementi pergi ke London yang membawa kesuksesnnya sebagai seorang komponis dan pianis dismping sebagaio conductor , guru, mendirikan usaha penerbitan karya musik dan pembuatan piano.

Clementi adalah tokoh pengembang musik piano dalam teknik permainannya. Ia merupakan orang pertama yang menerbitkan dan mengembangkan gaya khusus untuk piano yang oleh kmponis sebelumnya belum pernah dilakukan dan hanya menulis untuk clavichord dan harpsichord..Pada tahun 1773 ia menulis 3 buah sonata untuk piano dan dijadikan model untuk penulisan bentuk sonata piano selanjutnya. Tulisannya tentang sonata piano masih banyak yang digunakan Oleh para pelajar piano untuk meningkatkan ketrampilan teknik permainan sampai sekarang.

Clementi mencipta 100 sonata, Fuga, waltz yang semuanya untuk instrument piano. Salah satu karyanya yang sangat terkenal sampai sekarang berjudul Gradus ad Parnasaum (1786). Bagi pecinta musik Piano Muzio Clementi adalah tokoh yang sangat berjasa bagi perkembangan teknik permainan piano baik secara teknis maupun gaya.

9. WOLFGANG AMADEUS MOZART

Wolfgang Amadeus Mozart adalah putra dari sorang komponis dan musisi professional Lopold Moart yang lahir di Salzburg Austria. Ia dikenal sebagai anak ajaib dangenius musik. Wolgang belajar musik pertama pada usia 3 tahun. Pada usia 5 tahun ia sudah membuat sebuah concerto, dan diusia 6 tahun ia sudah mengadakan kocert keliling Eropa untuk yang pertama. Ketika berusia 8 tahun ia menerbitkan empat buah sonata yang pertama untuk biola. Pada usia 9 tahun symponi yang pertama ciptaanya dimainkan di Lodon. Setelah umur 14 tahun ia menyelesaikan Opera 2 buah Opera komik dan sebuah Opera Seria.

Dala tahun 1770 ia pergi ke Roma dimana dia menunjukan prestasi yang sangat luar biasa sebagai seorang Genius. Ia dapat mencatat dengan tepat dan lengkap setelah mendengar hanya 1 kali karya Gregorius Allegeri, Miserere. Masa kanak kanaknya yang Genius dan ajaib sebenarnya menghalang halangi karirnya sebagai artis dan pemain dikemudian hari. Tenyata setelah dewasa dia kehilangan daya tarik dan sambutan public sebagai seorang pemain.

Wolgang dapat mengungkapkan dirinya dalam musiknya secara sempurna dengan memadukan perasaan spiritual dan emosinya, sehingga pendengar dapat meresapi hasil seninya. Oleh karenya Mozart dikenal sebagai Genius melodi terbesar pada zamanya, seoerti yang dinyatakan dalam karyanya : Opera The Marriage Of Figaro ( 1786), Don Giovani (1787), Symponi Jupiter (1788), Prague (1786). Sebagian besar karyanya untuk piano menjadi standar repertoar cocert piano. Mozart lebih banyak menggunakan nada-nada Kromatis dan nada nada hias dalam ciptaannya dibandingkan dengan Haydn. Bentuk musik symponi lebih halus disbanding dengan karya komponis sezamanya. Ciptaannya meliputi : Symponi, Opera, Cocerto Piano dan Cocerto biola, Sonata, Fantasi, Missa, Motet, Musik kamar.

Wolfgang Amadeus Mozart terkenal sebagai seorang Genius dalam segala bidang komposisi musik. Penguasaannya secara sempurnadalam bentuk musik, kreativitasnya, pengungkapan emosi dan spirit kemanusiaan, semuanya merupakan sumbangan yang sangat luar biasa bagi keberhasilannya. Komposisinya merupakan puncak dari musik sebelumnya dan sekaligus merupakan teladan bagi komponis berikutnya. Wolfgang meninggla di Vienna, Austria 1791.

10. LUDWIG VON BEETHOVEN

Lahir di Bonn Jerman 1770. Ia lahir dari keluarga miskin dan egois. Ia diperalat oleh ayahnya sendiri yamng terobsesi ingin menjadikan Ludwig sebagai Mozart ke dua lantaran Ludwig memiliki bakat musical yang snagat baik. Pada usia 4 tahun ayahnya mengajarinya bermain biola dan piano. Pada tahun 1781, Ia mencipta 3 buah sonata piano ketika usia 11 tahun.

Ia belajar kompopsisi dan harmoni berikut organis dibawah asuhan seorang organis istana Christian Gotlob Neefe dan ketika usia 14 tahun ia sudah bias menjadi asisten Neefe. Pada usia 15 tahun ia bermain Cembalo bersama orkes opera.

Pada tahun 1795 ia muncul dalam concert pertamanya di Vienna sebagai seorang pianis dan dinyatakan sebagai dinyantakan sebagai pianis terkemuka pada saat itu. Tahun 1800 ia menampilkan karya simponi pertamanya di Vienna. Beethoven adalah musrid Haydn dan sangat dipengaruhi oleh Hayd dan Mozart pada masa mudanya.

Komposisi Beethoven pada periode awala sangat terikat oleh norma dan bentuk yang ketat seperti pada komposisi Klasik lainya yang sangat obyektif dan rasional. Sedangkan pada akhir usia ia lebih bebas dalam mengungkapkan perasaan dalam karya musik seperti dalam musik Romantik. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa Beethoven adalah komponis yang paling terkenal dan terpenting sepanjang masa karena

a. Musiknya mengambarkan puncak aliran musik Klasik dan permulaan aliran Romantik.
b. Musiknya berisi ekspresi emosi yang dalam,
c. penguasaan gaya, dan kesempurnaan bentuk dalam musik
d. Perluasan penggunaan instrument dalam symponi.

Selama 20 tahun sisa usianya ia menjadi tuli dan mengalami kesepian namun ia tetap produktif dalam berkarya dengan menggunakan Handicap telinga. Kebesaran Beethoven ditunjukan dalam keahlianya mencurahkan segala perasaan dan idenya kedalam koposisi yang menakjubkan. Pada hari kematiannya tahun 1827 ia mendapat penghormatan dari seluruh penggemarnyadi Eropa. Frans Schubert menjadi pengusung jenasahnya pada upacara pemakamanya. Ia meninggal di Vienna Austria tahun 1827.


 CONTOH SOAL

  1. Mengapa Dominiko Scharlati dikatakan sebagai penemu teknik Piano modern.
  2. Siapakah komponis yang dijuluki sebagai Bapak Harmoni Modern, mengapa demikian.
  3. Siapakah tokoh instrument Biola terpenting dalam sejarah musik, sebutkan alasannya
  4. Mengapa K. P. Emanuel Bach dianggap sebagai komponis penghubung musik Polyponi dan Homophoni.
  5. Siapakah komponis yang dijuluki sebagai bapak Opera modern, dan penekanan apakah yang diterapkan oleh komponis terebut pada karya Opera
  6. Mengapa Franz Josef Haydn dijuluki sebagai Bapak Symponi Modern, pembaharuan apakah yang dilakukanya pada jenis musik terebut.
  7. Apakah Virtuositas dari komponis Luigi Bucherinni dan hal apakah yang dilakukannya bagi perkembangan instrument tersebut baik secara teknik maupun komposisi musiknya
  8. Menagap Musio Clementi dianggap sebagai tokoh pengembang musik piano dalam teknik permainannya.
  9. Megapa Wolfgang Amadeus Mozart dijuluki sebagai : a. Anak ajaib b. Genius Melodi terbesar pada jamannya
  10. Beethoven adalah komponis yang paling terkenal dan terpenting sepanjang masa karena,.......


JAWABAN
1. Komposisi ciptaanya menuntut ketrampilan teknik yang luar biasa dengan menggunakan gerakan-gerakan yang berlawanan, arpeggio, triul dan akord patah-patah. Banyak karya musiknya yang ditranskrip untuk piano dan dijadikan repertoar-repertoar konser hingga sekarang.

2. a. “Penemu Harmoni Modern”. Pada tahap berikutnya b. Rameau termasyur karena teori-teori harmoninya yang dibuktikannya dengan menyatakan bahwa semua pembalikan akord mempunyai suatu “basse fundamental” yang sama. c. Dijelaskan pula semua fungsi harmonis dapat disedehanakan sampai hanya menjadi rtiga akord saja yaitu : akord tonika (1); akord sub dominant (iv) dan akord dominant dan fungsi akord sub dominant ini merupakan penemuan asli dari JP Rameau. d. Pada tahun 1726 ia menerbitkan buku harmoni berjudul Teori Musik Sistem Baru (The New Sisyem of Music Theory) yang menyatakan bahwa menyatakan semua akord berdasarkan interval tertz. Disamping sebagai komponis Rameau adalah seorang penulis dan penerbit dari buku-buku teori musik yang sangat terkenal. Sebagai komponos ia menulis Opera, Ballets, Cantata, motet dan suita.

3. Giusepe Tartini karena Melalui tulisan-tulisan ia menuliskan penemuanya tentang “ Efect suara Harmonis permainan double-stop pada Biola” Ia juga ikut menyempurnakan bentuk penggesek (bow) biola dan ikut memikirkan tebal tipisnya dawai biola yang tepat. Melalui penemuannya teknik permainan musik Biola mencapai teknik yang cukup tinggi.

4. a. Musik harus mengabdi pada syair, harus mengekspresikan cerita secara batin maupun lahiriah. b. Musik harus melukiskan cirri khas pemain serta situasi tidak mandiri seperti dalam Balcanto. c. Aria Da-Capo diganti dengan Lied karena sebuah nyanyian/lied lebih alamiah dan wajar dari pada sebuiah aria. d. Resitatif yang diiringi secara dramatis oleh Orkes menggantikan resitatif sesco (hanya dengan iringan Cembalo) e. Koor diikut setakan dalam urutan cerita (seperti dalam drama Yunani Klasik), tidak baru tampil pada Finale f. Kelompok Ballet ambil bagian aktif sebagai koor yaitu sebagi Pantomim atau penari g. Overtur berfungsi sebagai pengantar pada cerita Opera dan tidak mandiri sebagai pembuka yang netral. h. Hendaknya dihindari gaya Opera Nasional karena musik bersifat internasional. 5. karena dialah komponis pertama yang mengembangakan susunan orkes symponi seperti yang sekarang ini digunakan yang terdiri dari : e. Seksi gesek f. Seksi tiup kayu g. Seksi tiup logam h. Perkusi Gaya symponi Haydn berciri jernih, lincah dan menarik. Ia menggunakan surprise humor pada komposissi symponinya yang bertujuan membangunkan para pengunjungnya yang mengantuk dengan hentakan suara timpani yang tiba-tiba. Hampir semua karya simponinya erdiri dari 4 bagian yaitu a. Introduksi allegro b. Andante c. Minuet d. Finale. Haydnlah komponis yang pertama mengubah sedikit bentuk sonata dengan memberi minuet sebelum finale. Ia dalalah kompponis yang sangat kreatif dan prouktif. Sedikitnya 135 komposisi musik symponi dia ciptakan disamping jenis-jenis musik yang lainnnya. Haydn meninggal pada tahun1809 di Vienna Austria

6. Pada usia 5 tahun ia sudah membuat sebuah concerto, dan diusia 6 tahun ia sudah mengadakan kocert keliling Eropa untuk yang pertama. Ketika berusia 8 tahun ia menerbitkan empat buah sonata yang pertama untuk biola. Pada usia 9 tahun symponi yang pertama ciptaanya dimainkan di Lodon. Setelah umur 14 tahun ia menyelesaikan Opera 2 buah Opera komik dan sebuah Opera Seria b. Wolfgang Amadeus Mozart terkenal sebagai seorang Genius dalam segala bidang komposisi musik. Penguasaannya secara sempurnadalam bentuk musik, kreativitasnya, pengungkapan emosi dan spirit kemanusiaan, semuanya merupakan sumbangan yang sangat luar biasa bagi keberhasilannya. Komposisinya merupakan puncak dari musik Wolgang dapat mengungkapkan dirinya dalam musiknya secara sempurna dengan memadukan perasaan spiritual dan emosinya, sehingga pendengar dapat meresapi hasil seninya

7. Karena : a. Musiknya mengambarkan puncak aliran musik Klasik dan permulaan aliran Romantik. b. Musiknya berisi ekspresi emosi yang dalam, c. penguasaan gaya, dan kesempurnaan bentuk dalam musik d. Perluasan penggunaan instrument dalam symponi.

Sumber : www.smmyk.sch.id




Artikel ini membahas tentang Ciri, Perkembangan, dan Jenis Musik Periode Klasik (1750-1820). Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Ciri, Perkembangan, dan Jenis Musik Periode Klasik (1750-1820)


A. LATAR BELAKANG

Perkembangan dan perubahan yang terjadi pada suatu Negara sangat berpengaruh terhadap segi kehidupan sosial, politik maupun kebudayaan masyarakat disuatu Negara, apalagi jika perubahan tersebut bersifat radikal atau ditandai dengan terjadinya sebuah revolusi yang secara nyata akan merubah seluruh tatanan yang terjadi dalam masyarakat secara cepat.

Hal ini juga yang terjadi pada masyarakat sekitar tahun 1775-1799 dengan terjadinya dua revolusi besar di dua Negara yang berbeda Amerika dan Prancis yaitu Revolusi Amerika tahun 1775-1781 dengan dideklarasiaknya hak-hak asasi manusia dan Revolusi Prancis 1789-1799 yang menghapus perbudakan. Kedua revolusi di atas bertujuan merubah bentuk pemerintahan otokrasi menjadi pemerintahan Republik. Kedua revolusi tersebut secara menyeluruh sangat berpengaruh terhadap system pemerintahan di berbagai Negara yang hal tersebut secara langsung juga mempengaruhi cara pandang masyakat terhadap jenis, sifat dan gaya masyarakat dalam berkesenian.

Dalam berkesenian secara umum para ahli sejarah berpendapat bahwa zaman Klasik merupakan suatu bentuk aliran baru yang banyak dipengaruhi oleh perubahan struktur masyarakat yang sedang begejolak pada saat itu. Masyarakat yang sedikit demi sedikit mulai menginggalkan tradisi lama dan mulai berfikir obyektif dan sangat rasional tetapi masih sangat mempertahankan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Dalam bidang seni musik periode Klasik ini ditandai dengan meninggalnya dua komponis besar masa itu yaitu Goerge Frederick Handel dan Johann Sebastian Bach. Dengan meninggalnya kedua komponis tersebut maka berakhirlah masa kejaayaan peride Barok yang oleh para ahli dianggap sebagi periode kejaan musik polyponie, karena dapat dikatakan pada masa Johan Sebastian Bach lah musik polyphony mengalami kejayaan. Peralihan dari periode Barok ke periode Klasik sering dianggap sebagai zaman peralihan antara komponis Johan Sebastian Bach dan Ludwig Von Beethoven.

B. CIRI SENI MUSIK PERIODE KLASIK

Secara umum ciri seni periode Klasik dapat dilihat dari adanya perkembangan bentuk komposisinya yang lebih jelas antara lain:

  1. Melodi yang jernih dan jelas,
  2. Harmoni sederhana
  3. Bentuk musiknya sangat obyektif yang lebih nyata dapat dilihat dari jenis musik Instrumental yaitu : a. Susunan instrument musiknya lebih teratur b. Mulai dicari keseimbangan susunan instrument untuk orkes yang baik
  4. Variasi dinamik dan tanda dinamik mulai degunakan secara tegas dan teratur (Cresendo, Decresendo, forte, piano dll)
  5. Tanda peralihan kecepatan sudah mulai dipakai (Accelerando dan Ritardando)
  6. Penggunaan ornament mulai dibatasi. 
Secara umum instrument musik juga mengalami kemajuan dalam bidang teknis yaitu a. Perluasan wilayah nada b. Kualitas suara disempurnaka c. Flesibelitas dalam penggunaannya d. Warna suara disempurnakan.

Sedangkan yang menjadi instrument terpenting adalah Piano dan Jerman menjadi Negara pusat perkambangan musik Klasik.

Perkembangan seni musik Klasik sangat pesat dan merata karena kemajuan diberbagai bidang industri dan teknologi serta semakin mendorong tingginya minat masyarakat dalam berkesenian dan menikmati hasil karya seni, kemajuan kemajuan tersebut antara lain:

1. Adanya mesin cetak
2. Adanya penerbitan-penerbitan
3. Adanya gedung-gedung khusus pertunjukan kesenian.

Yang keseluruhan dari hal-hal tersebut di atas sangat mempenaruhi perkembangan dari Musik periode Klasik itu sendiri.

C. PERKEMBANGAN UNSUR-UNSUR SENI MUSIK

Perkembangan musik periode Klasik secara khusus dapat dilihat dari perkembangan unsur-unsur musik yaitu dilihat dari unsur melodi, unsur harmoni dan unsur ritme yang antara lain sebagai berikut:.

1. Unsur Melodi
a. Lebih ditekankan pada penggunaan tonalitas (kualitas nada) dari tangga nada diatonis.
b. Bentuk melodi pendek dan simetris susunannya. (meninggalkan melodi panjang dan banyak hiasan pada melodi musik barok).

2. Unsur Harmoni
a. Penggunaan akord-akord sederhana (meninggalkan bentuk-bentuk kontrapung)
b. Instrumentasi disusun sedemikian rupa sehingga dapat meninggalkan effect-efect yang tidak diinginkan.

3. Unsur Ritme :
a. Bentuk ritme musik periode Klasik lebih sederhana,ringan dan teratur.
b. Karena tanda pergantian kecepatan baru dipakai dalam bentuk sederhana maka musik periode Klasik terdengar lebih lincah, ringan dan teratur.

D. JENIS-JENIS MUSIK YANG BERKEMBANG

Perkembangan musik periode Klasik secara umum dibagi menjadi beberapa jenis yaitu

1. Musik Vokal Keduniawian (OPERA)
Jenis musik vocal keduniawian yang berkembang sangat pesat adala jenis musik vocal yang dipadu dengan seni gerak dan seni drama yang pada perode Barok disebut Favola in musika atau Drama permusika atau pada periode ini disebut Opera. Opera mengalami perkembangan yang sangat luar biasa pada periode ini. Beberapa gaya terpenting dalam opera adalah sebagai berikut

a. Neapolitan Style (Opera Italia)
Gaya opera ini berkembang di Italia atau disebut denga gaya Italia dengan nama lain Neapolitan Style yang merupakan kelanjutan dan pengembangan dari Opera periode Barok di Sekolah Neapolitan Stile yang mempengaruhi seluruh Eropa. Gaya ini dipelopori dan dikembangkan oleh Alessandro Scharlatti yang dikenal sebagai tokoh paling terkenal ke 17 dari sekolah Italia Napels. Scharlatti memperkenalkan penemuan-penemuan baru yaitu Ritornello ( refrain secara instrumental atau Da Capo), Aria (solo vocal) dengan iringan wajib.(Obligat) dan penggunaan iringan resitatif. Gaya dan susunan Opera Italia ini menjadi standart bagi musik opera di seluruh Eropa dan hingga kini gaya tersebut masih berpengaruh.

b. Jerman (German Style)
Dalam Oprea gaya jerman ini musik mendapat fungsi ke dua dari seluruh komposisi, isi yang dramatis dari alur cerita Opera sebagai fungsi utama, sehingga alur cerita yang daramatis lebih diutamakan. Musik lebh disederhanakan sedangkan resitatif-resitatif lebih ditonjolkan daripada arianya. Overture sudah disertakan untuk menunjang suasana cerita Opera. Dasar cerita Opera Jerman diambil dari drama Yunani Klasik. Tokoh Komponis yang mempelopori gaya oper Jerman ini adalah Christoph Willibald Von Gluck yang karena kemampuan dan jasanya dalam perkembangan jenis opera dijuluki sebagai Bapak Opera Modern

c. Austria (Austrian Style)
Yang dianggap sebagai tokoh komponis terbesar abad 18 adalah Wolfgang Amadeus Mozart. Dia merupakan tokoh musik Opera dari Austria yang mengembangkan gaya tersendiri berbeda denagn gaya opera sebelumnya.Gaya yang dikembangkannya mempengaruhi gaya opera Eropa dan sekolah-sekolah opera di Italia yang sebelumnya sangat dipengaruhi oleh opera yang dikembangkan oleh Allesandro Scharlatti. Beberapa contoh karya opera terbesar Mozart berjudul Don Giovanni dan Le Nozze Di Figaro.

2. Musik Vokal Keagamaan
Secara umum dapat dikatakan musik keagamaan periode Klasik mempunyai gaya yang dramatis sehingga lebih tepat dipagelarkan dalam concert dari pada untuk musik gereja. Musik Religius jaman Klasik terdiri dari 3 jenis yaitu

a. Missa
Ciri, Perkembangan, dan Jenis Musik Periode Klasik (1750-1820)Missa pada peride ini seperti halnya musik keagamaan umumnya yang berkembang ketika itu tidak dikhususkan untuk pelayanan kebaktian di gereja tetapi sering dipakai dalam pagelaran pagelaran concert umum sehingga disebuta Missa Concert. Komponis yang paling menonjol dalam bidang missa concert ini adalah : Franz Joseph Haydn dan Wolgang Amadeus Mozart

b. Oratorio
Jenis musik keamaan ini sering juga disebut sebagai Opera Religius tanpa acting, kostum dan dekorasi, karena teksnya atau isinya berdasarkan teks religius atau bercerita tentang suatu kejadian atau peristiwa keagamaan . Dalam pelaksanaanya selalu menggunakan orkes sebagai pengiring. Oratorio menjadi jenis musik keagamaan yang paling popular lebih lebih di Negara Inggris. Komponis yang paling menonjol pada jenis musik ini adalah Franz Joseph Haydn. Beberapa karya terbesarnya antara lain : The Creatin (1798) dan The Season (1801)

c. Motet
Yang merupakan komposisi paduan suara gereja yang syairnya belum tentu dari liturgy gereja. Motet sejenis Anthem dalam gereja Anglikan. Biasanya syairnya merupakan syair keduniawian

3. Musik Instrument
a. Perkembangan Musik Instrumen
Musik Instrumen pada jaman Klasik berkembang lebih menonjol jika dibandingkan jenis musik yang lain. Dalam susunan orkespun mengalami perkembangan yang sangat luar biasa terutama dalam perkembangan susunan instrument dalam orkes Symponi. Susuan instrument dalam orkes symponi lebih disempurnakan dengan memperhatikan susunan edeal instrument-instrumen dalam bentuk orkes symponi yang sempurna. Prinsip-prinsip edeal tersebut hingga sekarang masih digunakan.. Tokoh yang pertama kali mengembangn prinsip-prinsip Edeal dalam pensusunan instrument orkes Symponi tersebut adalah Franz Joseph Haydn yang dikemudian hari mendapat julukan “Bapak Symponi Modern” (PAPA HAYDN) .

Pembagian Instrumen tersesebut adalah:
1. Seksi Gesek : Biola 1, Biola 2, Biola Alto, Cello dan Bass
2. Seksi Tiup· Tiup Kayu : Flute, Oboe, Clarinet dan Fagot (Basson) Tiup Logam : Terompet, Corno (Horn), Trombone dan Tuba
3. Perkusi : Timpany, Snar dan Bass Drum, Cymbal dll

b. Bentuk-Bentuk Musik Instrumen

1. Sonata Klasik :

Bentuk sonta sangat penting artinya bagi perkembangan musik Instrumen karena musik sonata merupakan dasara ( bentuk dasar)untuk membuat komposisi instrument yang lain seperti concerto, sonata piano, bentuk simponi dan bentuk musik kamar.

Sonata Klasik terdiri dari 4 bagian

Analisa bentuk Musik Sonata

a. Bagian pertama Tempo Allegro biasanya ditulis dalam bemntuk sonata Alllegro yang terdiri dari tiga bagian utama (main-section), yaitu
Ø Eksposisii : merupakan tema pokok
Ø Developmen : begian ini merupakan bentuk pengembangan dan pengolahan dari tema pokok dengan variasi-variasi
Ø Rekapitulasi : Bagian ini mengulangi bagian pertama tetapi diaminkan dengan kunci yang lain (Modulasi)

b. Bagian Ke dua
Tempo lambat (slow). Susunan (Struktur) dari bagian bermacam-macam seringkali menggunakan bentuk lagu ternair (Tiga) A-B-A

c. Bagian ke tiga
Bentuk minuet tempo sedanng atau cepat dalam . Bagian ini sebetulnya merupakan bagian yang tidak harus tetepi hanya merupakan sisispan

d. Bagian ke empat
Disebut finale menggunakan tempo cepat dan biasanya ditulis dalam bentuk Rondo dengan susunan sama dengan bagian pertama

2. Simponi Klasik Bentuk ini meupakan sumbangan yang sangat luar biasa dari periode Klasik karena pada periode inilah musik simponi mencapai bentuk susunan sempurna bagi perkembangan musik, karena karena musik ini merupakan dasar dari semua bentuk musik Instrumental pada umumnya. Struktur sama dengan struktur Sonata .

dipelopori oleh Frans Josef Haydn yang kemudian dijuluki sebagai Bapak Orkes Simpony Modern bagi perkembangan musik.

3. Concerto Klasik
Merupakan bentuk musik Instrumen yang dikomponir khusus untuk instrument tunggal (solo) dengan iringan orkes. Biasanya ditekankan pada penonjolan seorang Virtuos pemain instrument (virtuositas) bahkan ada baian yang disebut dengan Kadenza yaitu bagian yang menonjolkan virtuositas pemainan yang sifatnya improvisasi.

4. Overture dan Prelude Merupakan introduksi instrument untuk bentuk Sonata, Symponi, Opera dll

5. Divermento Bentuk ini serupa denga Suita yang seringkali terdiri dari 4 bagian

6. String Quartet (Kuartet Gesek) Bentuk ini mengambil dari bentuk musik sonata Klasik dan ditulis untuk instrument tertentu misalnya Biola, Cello. Alto. Jenis musik ini adalah jenis musik kamar yang paling digemari pada periode klasik.

7. Keyboart-Sonata

CONTOH SOAL


  1. Munculnya seni periode Klasik dilatar belakangi dengan terjadinya 2 revolusi besar sebutkan .
  2. Kedua Revolusi tersebut berlangsung pada tahun berapa?
  3. Dalam seni Musik berakhirnya periode Barok ditandai dengan meninggalnya dua komponis besar Barok. Siapakah nama ke dua komponis tersebut?
  4. Sebutkan 3 ciri umum muisk periode Klasik
  5. Dalam bidang Teknis, kemajuan apakah yang dicapai pada Instrumen musik?
  6. Negara manakah yang menjadi pusat perkembangan musik periode Klasik ?
  7. Instrumen apakah yang menduduki tempat terpenting?
  8. Disebut apakah Opera Italia ?
  9. Siapakah tokoh terbesar dan terpenting dalam opera Italia ?
  10. Dalam Opera Jerman unsure apakah yang menduduki fungsi utama dalam seluruh komposisinya.
  11. Siapakah tokoh komponis yang mempelopori opera gaya Jerman?
  12. Siapakah tokoh Opera Austria yang juga dianggap sebagai tokoh komponis terbesar abad 18?
  13. Siapakah tokoh 2 komponis yang paling kenonjol dibidang musik Oratorio periode Klasik?
  14. Jenis musik keagamaan apakah yang paling popular pada periode Klasik?
  15. Siapakah komponis Opera berjudul Don Giovanni dan La Nozze Di Vigaro?
  16. Siapakah Komponis yang menciptakan musik oratorio berjudul The Creation dan The Season?
  17. Bentuk musik Instrumen apakah yang menjadi dasar pembuatan komposisi instrun\men yang lain ?
  18. Siapakah komponis yang berhasil mengangkat bentuk musik Symponi ke tingkat yang paling tinggi pada periode Klasik?
  19. Bentuk musik Sonata yang dikomponir khusus dalam bentuk orkes untuk menonjolkan Virtuositas seorang pemain dalam menguasai instrumenya disebut ...
  20.  Bagian pada jenis Concerto Klasik yang ingin menonjolkan ketrampilan pemain dengan permainan yang sifatnya inprovisasi disebut....


Sumber : www.smmyk.sch.id