Monday, October 26, 2015

Artikel ini membahas tentang Komponis pada Periode Zaman Klasik. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Komponis pada Periode Zaman Klasik


Komponis-komponis pada periode zaman klasik  (1750-1820) diantaranya adalah sebagai berikut.

1. DOMINICO SCHARLATTI

Domonico Scharlatti adalah seorang Komponis yang lahir di di Napels, Italia Utara pada tahun 1685 dan meninggal di Madrid Spanyol tahun 1757. Ia putra seorang komponis terkenal yaitu Allesandro Scharlatti yang juga merupakan guru musik pertamanya.

Pada tahun 1708 dominico melanjutkan belajar musik pada seorang ahli teori musik yang terkenal pada sat itu yang bernama Gasparinni di kota Vennice dan di kota inilah dia bertemu dengan G.F Handel dalam sebuah festival permainan Organ dan Harpsichord, Handel keluar sebagai pemenang. Pertemuan itu menjadikan keduanya bersahabat dan bertukar ilmu dalam komosisi musik.

Selanjutnya dia menjadi komponis istana Polandia yaitu pada Ratu Maria Casimire. Disanalah dia banyak menuliskan opera-opera untuk koncert pribadi ratu di Roma. Kecuali itu ia juga mendapat posisi sebagai komponis istana di Napels, Lisbon da Madrid yang ia jabat sampai akhir hayat tahun 1757.

Komponis pada Periode Zaman Klasik
DOMINICO SCHARLATTI
Dominico Scharlatti dikenal sebagai “Penemu Teknik permainan piano modern” , gaya permainan pianonya mempengaruhi banyak komponis besar diantaranya Felix Mandelson dan Franz Litz. Ia mengembangkan bentuk sonata untuk piano yang kemudian disempurnakan oleh Franz Josef Haydn. Ia menulis lebih dari 600 sonata dan lagu-lagu lain untuk Harpsichord. Virtuositasnya adalah pada instrument Harpsichord. Komposisi ciptaanya menuntut ketrampilan teknik yang luar biasa dengan menggunakan gerakan-gerakan yang berlawanan, arpeggio, triul dan akord patah-patah. Banyak karya musiknya yang ditranskrip untuk piano dan dijadikan repertoar-repertoar konser hingga sekarang. Ia juga banyak meninggalkan karya berupa sekumpulan tulisan untuk latihan Piano. Salah satu karya terkenalnay adalah Toccata dalam D minor yang diciptakan tahun 1730.

2. JEAN PHILPPE RAMEAU

Jean Philippe Rameau lahir di Dijon Prancis pada tahun 1683 dan meninggal di Paris Prancis pada tahun 1764. Darah seni mengalir dari ayahnya yang seorang organis gereja. Dia termasuk salah seorang komponis yang Jenius karena sudah dapat bermain harpsichord secara luar kepala ketika masih berumur tujuh tahun. Rameu pertama kali belajar musik secara resmi pada seorang guru terkenal dan seorang organis ternama di Paris bernama Louis Marchand.

Rameau menguasai beberapa instrument musik. Disamping sebagai organis dia juga seorang pemain Biola yang handal. Perjalanan karir yang dilaluinya cukup panjang dan bervariasi, antara lain ia perna mengadakan tour keliling Italia bersama rombongan opera Prancis sebagai pemain Biola. Tahun 1727 Ia menjadi organis gereja di St Paul Paris. Tahun 1732 diangkat sebagai organis di Saint Croix De La Britonarie, dan pada tahun 1736 masuk sebagai staf mengajar di Josuit College.

JEAN PHILPPE RAMEAU
Rameau adalah seorang komponis yang ahli dalam ilmu harmoni, ia tercatat sebagai “Penemu Harmoni Modern”. Pada tahap berikutnya Rameau termasyur karena teori-teori harmoninya yang dibuktikannya dengan menyatakan bahwa semua pembalikan akord mempunyai suatu “basse fundamental” yang sama. Dijelaskan pula semua fungsi harmonis dapat disedehanakan sampai hanya menjadi rtiga akord saja yaitu : akord tonika (1); akord sub dominant (iv) dan akord dominant dan fungsi akord sub dominant ini merupakan penemuan asli dari JP Rameau. Pada tahun 1726 ia menerbitkan buku harmoni berjudul Teori Musik Sistem Baru (The New Sisyem of Music Theory) yang menyatakan bahwa menyatakan semua akord berdasarkan interval tertz. Disamping sebagai komponis Rameau adalah seorang penulis dan penerbit dari buku-buku teori musik yang sangat terkenal. Sebagai komponos ia menulis Opera, Ballets, Cantata, motet dan suita.

Pada tahun 1745, raja Prancis mengangkat Rameau sebagai komponis istana dan memberi penghargaan tertinggi di hari kematiannya.

3. GUISEPPE TARTINI

GUISEPPE TARTINI
Lahir pada tahun 1692 di Pirano Italia. Ia lahir dari lingkungan keluarga kaya yang tidak menginginkan dirinya menjadi seorang seniman musik walaupun disadari Tartini memiliki bakat musik yang luar biasa. Keluarganya menginginkan Tartini menjadi seorang pendeta di Pirano atau menjadi ahli hukum dengan belajar ilmu hokum di Padua Italia. Tetapi karena jiwanya memang sudah di musik Tartini tetap belajar musik. Ia belajar musik pertama pada Franciscan Monastery seorang komponis terkenal dan seorang Virtuos pada instrument Biola. Pada tahun 1721 Tartini menjadi menjadi pemain solo instrument Biola di Padua pada gereja Sun Antonio. Tahun 1723 ia diangkat menjadi Conductur orkes istana Kinsky di Praha. Kemudian kembali lagi ke Padua pada tahun 1725 dan mendirikan sekolah virtuos.

Disamping sebagi komponis Tartini juga seorang penulis buku tentang teori musik dan akustik.Dia merupakan tokoh Biola yang penting dalam sejarah musik. Melalui tulisan-tulisan ia menuliskan penemuanya tentang “ Efect suara Harmonis permainan double-stop pada Biola” Ia juga ikut menyempurnakan bentuk penggesek (bow) biola dan ikut memikirkan tebal tipisnya dawai biola yang tepat. Melalui penemuannya teknik permainan musik Biola mencapai teknik yang cukup tinggi.

4. KARL PHILLIPPE EMANUEL BACH.

Lahir di Weimar jerman pada tahun 1714 dan meninggal di Hanburg Jerman 1788. Dia adalah putra dari Johan Sebastian Bach. Partama kali ia mendapatkan pelajaran musik dari ayahnya sendiri. Disamping musik ia juga belajar ilmu hokum di Frankfurt. Disamping sebagai komponis dia juga seorang virtuos untuk jenis instrument keyboard dan menjadi guru yang sangat baik pada jenis instrument tersebut.

Seluruh perjalanan hidupnya diisi dengan berbagai prestasi dibidang musik, ia disebut sebagai Bach dari Hamburg karena sejak tahun 1740 bertugas sebagai director musik di Hamburg sebagai pengganti Talemann. Dari tahun 1746-1757 ia menjadi pemain Clavicord dari kelompok musik kamar yang disponsori oleh Frederick yang agung dari Prusia yang merupakan seorang pemain Flute yang sangat mahir dan Bach bertindak sebagai pengiringnya. Dari tahun 11767 sampai akhir hayatnya ia menjadi pemimpin musik gereja di Hamburg. K.Ph.E Bach adalah seorang pemain Keyboard yang sangat handal. Pada instrument inilah di menjadi seorang virtuos. Ia menuliskan buku tentang seni bermain keyboard berjudul “Essay on the true Art Of Playing Keyboard Instrument” (1753). Buku ini masih digunakan sampai sekarang dalam pembelajaran gaya klasik harmonis. Karya-karya Emanuel Bach banyak berupa sonata yang umumnya terdiri dari tiga bagian dengan komposisi yang sangat subyektif. Dia muali melepaskan diri dari gaya ayahnya yang sangat dia hargai. Musiknya sangat dijunjung tinggi (melebihi karya ayahnya) pada akhir abad 18. Karya-karyanya meliputi 210 ciptaan untuk piano, 72 concerto dengan iringan orkes, Sonata, Minuet, Fuga, Mars dll. Kecuali itu ia mencipta 18 Symponi, komposisi instrumental, Oratorio, Motet, Pasi, Cantata, dan lagu-lagu kerokhanian.

Sepanjang karirnya Emanuel Bach sangat terkenal dalam pengembagang bentuk sonata untuk Piano. Ia sering dianggap sebagai komponis penghubung antara musik Polyponi dan musik Homoponi. Musik Pianonya bsangat dipengaruhi oleh Haydn,Mozart dan Beethoven. Ia memperkenalkan gaya ekspresi dramatis pada musik piano. Dan pada masa hidupnya sebenarnya ia lebih terkenal dari apda ayahnya.

5. CHRISTOHP WILLIBALD VON GLUCK

Lahir di Weidenwang Jerman pada tahun 1714 dan meninggal di Vienna Austri pada tahun 1787. Perjalanan hidupnya dalam dunia musik sangat mempengaruhi perkembanga musik teruama pada jenis musik Opera. Pada usia 12 tahun Gluck pergi ke Bohemia untuk belajar Vokal, Organ , Harpsichord dan Biola di sekolah Jesuit. Pada tahun 1732 diusia 18 tahun ia pergi ke Praha untuk melanjutkan study musiknya, disana dia juga sudah mulai menjadi pemain provesional untuk dala paduan suara gereja sebagi penyanyi.

Gluck dikenal sebagai tokoh Opera dan dijuluki sebagai “ Bapak Opera Modern” Dengan Mozart dia dikenal sebagai tokoh Opera terbesar pada jaman Klasik.Gluck berusaha membersihkan Opera Italia dari kebiasaan buruk yaitu seperti para penyanyi solo yang menyalahgunakan aria untuk menonjolkan diri dan menuntut komponis untuk menuliskan aria sesuai dengan keinginan mereka dsb. Hal tersebut dirubah oleh Gluck bersama dengan Sutradara Durazzo dan penulis Libreto Raniero di Calzabiqi di Wina. Yang ditekankan pada pembaharuan Opera Gluck adalah

  1. Musik harus mengabdi pada syair, harus mengekspresikan cerita secara batin maupun lahiriah.
  2. Musik harus melukiskan cirri khas pemain serta situasi tidak mandiri seperti dalam Balcanto.
  3. Aria Da-Capo diganti dengan Lied karena sebuah nyanyian/lied lebih alamiah dan wajar dari pada sebuiah aria.
  4. Resitatif yang diiringi secara dramatis oleh Orkes menggantikan resitatif sesco (hanya dengan iringan Cembalo)
  5. Koor diikut setakan dalam urutan cerita (seperti dalam drama Yunani Klasik), tidak baru tampil pada Finale
  6. Kelompok Ballet ambil bagian aktif sebagai koor yaitu sebagi Pantomim atau penari
  7. Overtur berfungsi sebagai pengantar pada cerita Opera dan tidak mandiri sebagai pembuka yang netral.
  8. Hendaknya dihindari gaya Opera Nasional karena musik bersifat internasional.


Perubahan yang dilakukan Gluck tidak serta merta diterima, orang menaruh perhatian tetapi tidak antusias. Perubahan itu baru dirasakan setelah Gluck pindah ke Prancis yang memberihkan Opera Italia dari cacad-cacad yang ada. Opera Prancis berubah bersamaan dengan perubahan pada struktur masyarakatnya. Gluck Oleh Rousseu dihargai sebagai seseorang yang berhasil merubah Opera Prancis yang dianngap mustahil menjadi hal yang nyata yaitu menjadi bentuk yang lebih jelas dan sederhana.

Dalam Musik Opera Gluck percaya bahwa musik sepenuhnya dapat membantu penampilan suatu cerita. Ia berpendapat musik lebih penting dari penampilan seorang pelaku. Opera jangan hanya menjadi tempat untuk mempertunjukan virtuositas seorang pemain tetapi harus menyatukan unsure Lyris dan Dramatisnya. Disamping sebagai tokoh Opera Gluck dikenal sebagai seorang Orkestrator yang besar, ia membuat musik Orkes sebagai bagian yang sangat penting dan bukan hanya sekedar pembantu atau pengiring. Overturenya sangat menyatu dengan Opera dan Opera ciptaannya selalu didasari pada cerita Mitos Yunani.

6. FRANZ JOSEF HAYDN

Frans Josef Hayden lahir dari kluarga musical pada tahun 1732 di Rohrou, Austria . Pelaran musiknya diawali pada tahun ke 5 usianya pada salah seorang sepupunya yang juga seorang komponis dan pemain musik Provesional bernama Johann Frank. Tahun 1740 menjadi anggota paduan suara kanak-kanak (boys Choir) pada katedral Santa Stephen di Vienna. Pada tahun 1775 menjadi conductor orkestra untuk pengeranFurnberg. Tahun 1758-1761 menjadi pimpinan orkes di istana Pangeran Morzin. Pada tahun 1761 diangkat sebagai pemimpin orkes di istana Pangeran Esterhazy.

Semasa hidupnya Haydn dianggap sebagai komponis religius terbaik dan paling besar. Ciptaan musik religiusnnya meliputi : Missa, Motet Oratorio. Dua komposisi Oratorionya yang sangat terkenal berjudul Te season dan The Creation yang diciptakan tahun 1801 dan Missa solemis dalam bes mayor yang diciptakan pada tahun yang sama. Haydn juga sangat memperhatikan jenis musik vocal, dia berpendapat bahwa suara manusia merupakan suara yang palinng indah disbanding suara instrument apapun. Haydn dijuluki sebagai “ Bapak Sympony Modern” karena dialah komponis pertama yang mengembangakan susunan orkes symponi seperti yang sekarang ini digunakan yang terdiri dari :

a. Seksi gesek
b. Seksi tiup kayu
c. Seksi tiup logam
d. Perkusi

Gaya symponi Haydn berciri jernih, lincah dan menarik. Ia menggunakan surprise humor pada komposissi symponinya yang bertujuan membangunkan para pengunjungnya yang mengantuk dengan hentakan suara timpani yang tiba-tiba. Hampir semua karya simponinya erdiri dari 4 bagian yaitu a. Introduksi allegro b. Andante c. Minuet d. Finale.

Haydnlah komponis yang pertama mengubah sedikit bentuk sonata dengan memberi minuet sebelum finale. Ia dalalah kompponis yang sangat kreatif dan prouktif. Sedikitnya 135 komposisi musik symponi dia ciptakan disamping jenis-jenis musik yang lainnnya. Haydn meninggal pada tahun1809 di Vienna Austria

7. LUIGI BUCCHERINI

Buccherini lahir di Lucca Italia tahun 1743 dan meninggal di Madrid Spanyol 1805. Buccherini belajar Instrumen pada ayahnya sendiri yang merupakan seorang pemain Bass professional tetapi pada putranya ia mengajarkan instrument Cello yang kemudian hari membentuknya menjadi seorang komponis dan pemain Cello yang sangat handal. Kemudia ia melanjutkan pelajaran musiknya pada Abbe Vanucci yang merupakan pemimpin paduan suara.

Dari tahun 1779- 1785, Buccherini menjabat sebagai komponis musik kamar untuk raja Spanyol. Dalam kurun waktu tesebut ia ia menulis 6 buah kwartet yang dipersembahkan kepada Ifante Do Louis, yang merupakan saudara raja. Pada tahun 1787 ia mempersembahkan kepada raja Freiderich Wilhelm II seorang raja dari Prusia yang kemudian menghadiahkan kepadanya sebagai komponis musik kamar untuk raja dengan gaji yang sangat besar.

Meskipun Buccherini seorang Italia tetapi ia lebih banyak mdipengaruhi oleh gaya komposisi Viennna terutama paada gaya musik kamar dan Symponinya yang sangat dipengaruhi oleh gaya Haydn. Buccherini tercata sebagai tokoh pertama yang mengembangkan musik kamar terutama pada instrument gesek, kegeniussannya tidak tertutup oleh kegeniusan komponis-komponis lain seperti Mozart dan Haydn. Buccherini tetap dikenal sebagai seorang virtuos dan komponis pada instrument Cello dan ia tetap dikenal sebagi seorang seniman pada jenis komposisi instrument gesek, ia menulis banyak komposisi untuk instrument gesek dan dikenal sebagai komponis pertama pada jenis komposisi kwintet gesek dan sekstet gesek, ia komponis yang sangat produktif untuk jenis musik kamar. Ia menulis 465 karya instrumental, 20 symponi, Opera, Kwartet gesek, sebuah oratorio dan sebuah Missa juga concerto.

8. MUZIO CLEMENTI

Lahir di Roma Italia tahun 1752 dan meninggal di Evesham Inggris tahun 1832 Awal pengenenalnya pada duni musik adalah sewaktu masih anak pada. Dia belajar musik pertama pada pimpinan paduan suara gereja setempat A. Buroni. Kemudian ia belajar musik pada pada seorang pemain organ terkenal ketika itu Condicelli. Ketika berumur 9 tahun dia diangkat sebagai organis gereja. Dan diusia 14 tahun beberapa komposisinya sudah dipagelarkan di depan publik. Pada usia itu juga Clementi pergi ke London yang membawa kesuksesnnya sebagai seorang komponis dan pianis dismping sebagaio conductor , guru, mendirikan usaha penerbitan karya musik dan pembuatan piano.

Clementi adalah tokoh pengembang musik piano dalam teknik permainannya. Ia merupakan orang pertama yang menerbitkan dan mengembangkan gaya khusus untuk piano yang oleh kmponis sebelumnya belum pernah dilakukan dan hanya menulis untuk clavichord dan harpsichord..Pada tahun 1773 ia menulis 3 buah sonata untuk piano dan dijadikan model untuk penulisan bentuk sonata piano selanjutnya. Tulisannya tentang sonata piano masih banyak yang digunakan Oleh para pelajar piano untuk meningkatkan ketrampilan teknik permainan sampai sekarang.

Clementi mencipta 100 sonata, Fuga, waltz yang semuanya untuk instrument piano. Salah satu karyanya yang sangat terkenal sampai sekarang berjudul Gradus ad Parnasaum (1786). Bagi pecinta musik Piano Muzio Clementi adalah tokoh yang sangat berjasa bagi perkembangan teknik permainan piano baik secara teknis maupun gaya.

9. WOLFGANG AMADEUS MOZART

Wolfgang Amadeus Mozart adalah putra dari sorang komponis dan musisi professional Lopold Moart yang lahir di Salzburg Austria. Ia dikenal sebagai anak ajaib dangenius musik. Wolgang belajar musik pertama pada usia 3 tahun. Pada usia 5 tahun ia sudah membuat sebuah concerto, dan diusia 6 tahun ia sudah mengadakan kocert keliling Eropa untuk yang pertama. Ketika berusia 8 tahun ia menerbitkan empat buah sonata yang pertama untuk biola. Pada usia 9 tahun symponi yang pertama ciptaanya dimainkan di Lodon. Setelah umur 14 tahun ia menyelesaikan Opera 2 buah Opera komik dan sebuah Opera Seria.

Dala tahun 1770 ia pergi ke Roma dimana dia menunjukan prestasi yang sangat luar biasa sebagai seorang Genius. Ia dapat mencatat dengan tepat dan lengkap setelah mendengar hanya 1 kali karya Gregorius Allegeri, Miserere. Masa kanak kanaknya yang Genius dan ajaib sebenarnya menghalang halangi karirnya sebagai artis dan pemain dikemudian hari. Tenyata setelah dewasa dia kehilangan daya tarik dan sambutan public sebagai seorang pemain.

Wolgang dapat mengungkapkan dirinya dalam musiknya secara sempurna dengan memadukan perasaan spiritual dan emosinya, sehingga pendengar dapat meresapi hasil seninya. Oleh karenya Mozart dikenal sebagai Genius melodi terbesar pada zamanya, seoerti yang dinyatakan dalam karyanya : Opera The Marriage Of Figaro ( 1786), Don Giovani (1787), Symponi Jupiter (1788), Prague (1786). Sebagian besar karyanya untuk piano menjadi standar repertoar cocert piano. Mozart lebih banyak menggunakan nada-nada Kromatis dan nada nada hias dalam ciptaannya dibandingkan dengan Haydn. Bentuk musik symponi lebih halus disbanding dengan karya komponis sezamanya. Ciptaannya meliputi : Symponi, Opera, Cocerto Piano dan Cocerto biola, Sonata, Fantasi, Missa, Motet, Musik kamar.

Wolfgang Amadeus Mozart terkenal sebagai seorang Genius dalam segala bidang komposisi musik. Penguasaannya secara sempurnadalam bentuk musik, kreativitasnya, pengungkapan emosi dan spirit kemanusiaan, semuanya merupakan sumbangan yang sangat luar biasa bagi keberhasilannya. Komposisinya merupakan puncak dari musik sebelumnya dan sekaligus merupakan teladan bagi komponis berikutnya. Wolfgang meninggla di Vienna, Austria 1791.

10. LUDWIG VON BEETHOVEN

Lahir di Bonn Jerman 1770. Ia lahir dari keluarga miskin dan egois. Ia diperalat oleh ayahnya sendiri yamng terobsesi ingin menjadikan Ludwig sebagai Mozart ke dua lantaran Ludwig memiliki bakat musical yang snagat baik. Pada usia 4 tahun ayahnya mengajarinya bermain biola dan piano. Pada tahun 1781, Ia mencipta 3 buah sonata piano ketika usia 11 tahun.

Ia belajar kompopsisi dan harmoni berikut organis dibawah asuhan seorang organis istana Christian Gotlob Neefe dan ketika usia 14 tahun ia sudah bias menjadi asisten Neefe. Pada usia 15 tahun ia bermain Cembalo bersama orkes opera.

Pada tahun 1795 ia muncul dalam concert pertamanya di Vienna sebagai seorang pianis dan dinyatakan sebagai dinyantakan sebagai pianis terkemuka pada saat itu. Tahun 1800 ia menampilkan karya simponi pertamanya di Vienna. Beethoven adalah musrid Haydn dan sangat dipengaruhi oleh Hayd dan Mozart pada masa mudanya.

Komposisi Beethoven pada periode awala sangat terikat oleh norma dan bentuk yang ketat seperti pada komposisi Klasik lainya yang sangat obyektif dan rasional. Sedangkan pada akhir usia ia lebih bebas dalam mengungkapkan perasaan dalam karya musik seperti dalam musik Romantik. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa Beethoven adalah komponis yang paling terkenal dan terpenting sepanjang masa karena

a. Musiknya mengambarkan puncak aliran musik Klasik dan permulaan aliran Romantik.
b. Musiknya berisi ekspresi emosi yang dalam,
c. penguasaan gaya, dan kesempurnaan bentuk dalam musik
d. Perluasan penggunaan instrument dalam symponi.

Selama 20 tahun sisa usianya ia menjadi tuli dan mengalami kesepian namun ia tetap produktif dalam berkarya dengan menggunakan Handicap telinga. Kebesaran Beethoven ditunjukan dalam keahlianya mencurahkan segala perasaan dan idenya kedalam koposisi yang menakjubkan. Pada hari kematiannya tahun 1827 ia mendapat penghormatan dari seluruh penggemarnyadi Eropa. Frans Schubert menjadi pengusung jenasahnya pada upacara pemakamanya. Ia meninggal di Vienna Austria tahun 1827.


 CONTOH SOAL

  1. Mengapa Dominiko Scharlati dikatakan sebagai penemu teknik Piano modern.
  2. Siapakah komponis yang dijuluki sebagai Bapak Harmoni Modern, mengapa demikian.
  3. Siapakah tokoh instrument Biola terpenting dalam sejarah musik, sebutkan alasannya
  4. Mengapa K. P. Emanuel Bach dianggap sebagai komponis penghubung musik Polyponi dan Homophoni.
  5. Siapakah komponis yang dijuluki sebagai bapak Opera modern, dan penekanan apakah yang diterapkan oleh komponis terebut pada karya Opera
  6. Mengapa Franz Josef Haydn dijuluki sebagai Bapak Symponi Modern, pembaharuan apakah yang dilakukanya pada jenis musik terebut.
  7. Apakah Virtuositas dari komponis Luigi Bucherinni dan hal apakah yang dilakukannya bagi perkembangan instrument tersebut baik secara teknik maupun komposisi musiknya
  8. Menagap Musio Clementi dianggap sebagai tokoh pengembang musik piano dalam teknik permainannya.
  9. Megapa Wolfgang Amadeus Mozart dijuluki sebagai : a. Anak ajaib b. Genius Melodi terbesar pada jamannya
  10. Beethoven adalah komponis yang paling terkenal dan terpenting sepanjang masa karena,.......


JAWABAN
1. Komposisi ciptaanya menuntut ketrampilan teknik yang luar biasa dengan menggunakan gerakan-gerakan yang berlawanan, arpeggio, triul dan akord patah-patah. Banyak karya musiknya yang ditranskrip untuk piano dan dijadikan repertoar-repertoar konser hingga sekarang.

2. a. “Penemu Harmoni Modern”. Pada tahap berikutnya b. Rameau termasyur karena teori-teori harmoninya yang dibuktikannya dengan menyatakan bahwa semua pembalikan akord mempunyai suatu “basse fundamental” yang sama. c. Dijelaskan pula semua fungsi harmonis dapat disedehanakan sampai hanya menjadi rtiga akord saja yaitu : akord tonika (1); akord sub dominant (iv) dan akord dominant dan fungsi akord sub dominant ini merupakan penemuan asli dari JP Rameau. d. Pada tahun 1726 ia menerbitkan buku harmoni berjudul Teori Musik Sistem Baru (The New Sisyem of Music Theory) yang menyatakan bahwa menyatakan semua akord berdasarkan interval tertz. Disamping sebagai komponis Rameau adalah seorang penulis dan penerbit dari buku-buku teori musik yang sangat terkenal. Sebagai komponos ia menulis Opera, Ballets, Cantata, motet dan suita.

3. Giusepe Tartini karena Melalui tulisan-tulisan ia menuliskan penemuanya tentang “ Efect suara Harmonis permainan double-stop pada Biola” Ia juga ikut menyempurnakan bentuk penggesek (bow) biola dan ikut memikirkan tebal tipisnya dawai biola yang tepat. Melalui penemuannya teknik permainan musik Biola mencapai teknik yang cukup tinggi.

4. a. Musik harus mengabdi pada syair, harus mengekspresikan cerita secara batin maupun lahiriah. b. Musik harus melukiskan cirri khas pemain serta situasi tidak mandiri seperti dalam Balcanto. c. Aria Da-Capo diganti dengan Lied karena sebuah nyanyian/lied lebih alamiah dan wajar dari pada sebuiah aria. d. Resitatif yang diiringi secara dramatis oleh Orkes menggantikan resitatif sesco (hanya dengan iringan Cembalo) e. Koor diikut setakan dalam urutan cerita (seperti dalam drama Yunani Klasik), tidak baru tampil pada Finale f. Kelompok Ballet ambil bagian aktif sebagai koor yaitu sebagi Pantomim atau penari g. Overtur berfungsi sebagai pengantar pada cerita Opera dan tidak mandiri sebagai pembuka yang netral. h. Hendaknya dihindari gaya Opera Nasional karena musik bersifat internasional. 5. karena dialah komponis pertama yang mengembangakan susunan orkes symponi seperti yang sekarang ini digunakan yang terdiri dari : e. Seksi gesek f. Seksi tiup kayu g. Seksi tiup logam h. Perkusi Gaya symponi Haydn berciri jernih, lincah dan menarik. Ia menggunakan surprise humor pada komposissi symponinya yang bertujuan membangunkan para pengunjungnya yang mengantuk dengan hentakan suara timpani yang tiba-tiba. Hampir semua karya simponinya erdiri dari 4 bagian yaitu a. Introduksi allegro b. Andante c. Minuet d. Finale. Haydnlah komponis yang pertama mengubah sedikit bentuk sonata dengan memberi minuet sebelum finale. Ia dalalah kompponis yang sangat kreatif dan prouktif. Sedikitnya 135 komposisi musik symponi dia ciptakan disamping jenis-jenis musik yang lainnnya. Haydn meninggal pada tahun1809 di Vienna Austria

6. Pada usia 5 tahun ia sudah membuat sebuah concerto, dan diusia 6 tahun ia sudah mengadakan kocert keliling Eropa untuk yang pertama. Ketika berusia 8 tahun ia menerbitkan empat buah sonata yang pertama untuk biola. Pada usia 9 tahun symponi yang pertama ciptaanya dimainkan di Lodon. Setelah umur 14 tahun ia menyelesaikan Opera 2 buah Opera komik dan sebuah Opera Seria b. Wolfgang Amadeus Mozart terkenal sebagai seorang Genius dalam segala bidang komposisi musik. Penguasaannya secara sempurnadalam bentuk musik, kreativitasnya, pengungkapan emosi dan spirit kemanusiaan, semuanya merupakan sumbangan yang sangat luar biasa bagi keberhasilannya. Komposisinya merupakan puncak dari musik Wolgang dapat mengungkapkan dirinya dalam musiknya secara sempurna dengan memadukan perasaan spiritual dan emosinya, sehingga pendengar dapat meresapi hasil seninya

7. Karena : a. Musiknya mengambarkan puncak aliran musik Klasik dan permulaan aliran Romantik. b. Musiknya berisi ekspresi emosi yang dalam, c. penguasaan gaya, dan kesempurnaan bentuk dalam musik d. Perluasan penggunaan instrument dalam symponi.

Sumber : www.smmyk.sch.id




No comments:

Post a Comment