Tuesday, September 8, 2015

Artikel ini membahas tentang Bahan dan Alat Pembuatan Teknik Kriya Tekstil. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Bahan dan Alat Pembuatan Teknik Kriya Tekstil


Bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan teknik kriya produk kerajinan tekstil dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu: bahan utama dan bahan pelengkap. Pada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan yang digunakan wajib disesuaikan dengan jenis benda yang akan dibuat, fungsi dari benda itu, serta teknik yang akan digunakan.

Secara umum bahan utama yang dapat dipergunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil adalah bahan tekstil yang tebuat dari serat alam atau serat polyester baik itu berupa kain tenun, rajut, kempa, ataupun berupa benang/tali, contoh bahan-bahan tekstil yang dapat dipergunakan dalam pembuatan produk kriya tekstil adalah kain katun, kain satin, benang katun, benang nylon, tali koor, kain flanel, dan pita.

Pada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan pelengkap mempunyai fungsi memperindah atau melengkapkan tampilan benda yang dibuat. Penggunaan bahan pelengkap pun sama dengan bahan utama yaitu wajib disesuaikan dengan jenis benda yang dibuat,fungsi benda, serta teknik pembuatan yang digunakan. Bahan pelengkap yang biasanya digunakan adalah bahan tekstil yang terbuat dari serat alam ataupun polyester seperti kain pelapis/pengeras, busa pelapis, dakron, kain furing, renda, pita dan retsluiting.
Bahan dan Alat Pembuatan Teknik Kriya Tekstil
Mesin Jahit
Alat yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu: perangkat utama dan perangkat penunjang. Alat utama terdiri dari: mesin jahit, alat-alat menjahit, gunting, pita ukur, papan landasan dan lain-lain. Adapun perangkat penunjang terdiri dari: mata itik, lem, lilin bakar, pemidangan, jarum T dan lain-lain.




1 comment: