Friday, August 7, 2015

Artikel ini membahas tentang Permainan Musik. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Permainan Musik


Permainan musik adalah aktivitas musik yang dilakukan manusia. Dalam prosesnya, permainan musik dapat dilakukan secara perorangan atau tunggal (solo) atau kelompok.

Sekarang, mari kita cobalah melakukan praktik musik secara perorangan. Pilihlah media yang dapat dijadikan sebagai instrumen perkusif sederhana yang ada disekitar kamu, seperti botol dan sendok, bel, tepukan tangan, dan hentakan kaki. Kemudian dengarkan bunyi Pola ritmik 1 yang dimainkan oleh guru. Perhatikan ketukannya.
Permainan Musik
Pola Ritmik 1

Tirulah pola ritmik 1 itu dengan menggunakan media yang kalian pilih. Sesuaikan permainan pola ritmik 1 itu dengan mendengarkan ketukan yang diberikan oleh guru.

Setelah menguasai pola ritmik 1, mari kita lanjutkan dengan pola ritmik 2, 3, dan 4. Dengarkan contoh yang diberikan guru lalu tirukan pola ritmik 2, 3, dan 4 itu dengan menggunakan instrumen perkusif yang menghasilkan bunyi yang berada. Misalnya:

Pola ritmik 2
Permainan Musik

Pola ritmik 3
Permainan Musik

Pola ritmik 4
Permainan Musik

Setelah kalian sudah menguasai keempat pola ritmik itu, mari kita mainkan seluruh pola ritmik itu secara berkelompok. Setelah kalian dapat memainkan keempat pola ritmik itu secara berkelompok, dengan benar, pilihlah beberapa teman untuk menyanyika satu lagu berirama 4 yang kalian dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, mari kita nyanyikan sebuah lagu, misalnya Anak Kambing Saya, yang diiringi oleh permainan keempat pola ritmik itu dengan menggunakan instrumen perkusif sederhana.





No comments:

Post a Comment