Sunday, August 2, 2015

Artikel ini membahas tentang Pengertian Karya Seni Rupa 3 Dimensi . Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Karya Seni Rupa 3 Dimensi



Pada artikel Seni Rupa 2 Dimensi kita dapat mempelajari tentang Unsur-unsur pada Seni Rupa 2 Dimensi. Kalian tentu juga sudah dapat membedakan karya seni rupa dua dimensi dengan karya seni rupa tiga dimensi, kalau belum silahkan baca di artikel ini. Unsur ruang merupakan salah satu ciri pembeda antara karya dua dimensi dengan tiga dimensi. Obyek karya seni rupa dua dimensi hanya bisa di lihat dari satu sisi saja, tetapi karya tiga dimensi dapat di lihat lebih dari dua sisi.


Kalian sudah mengetahui bahwa karya seni rupa ada yang berdimensi 2 dan berdimensi 3. Kalian juga sudah mencoba berkarya seni rupa dua dimensi. Pada bahasan ini kalian akan diajak memahami karya seni rupa 3 dimensi. Di sekitar kalian banyak sekali benda tiga dimensi, tapi tahukah kalian mana saja yang dikategorikan karya seni rupa tiga dimensi? Seperti juga karya seni rupa 2 dimensi, pada karya seni rupa 3 dimensi juga mengandung unsur garis, bentuk, bidang, warna disusun sedemikian rupa sehingga membentuk obyek tertentu. Karya seni rupa 3 dimensi ada yang mempunyai fungsi pakai dan ada yang mempunyai fungsi hias saja. Untuk berkarya seni rupa 3 dimensi ini kalian dapat memilih dan mencoba berbagai bahan, teknik dan medium sesuai dengan obyek dan fungsi yang kalian inginkan.

Ketika kalian melihat sebuah karya seni rupa 3 dimensi, aspek apa saja yang kalian lihat? Coba kalian amati gambar di bawah ini untuk mengidentifikasi aspek-aspek itu!

Pengertian Karya Seni Rupa 3 Dimensi


  1. Dapatkah kalian mengidentifikasi bahan yang digunakan pada karya seni rupa 3D itu?
  2. Dapatkah kalian mengidentifikasi teknik yang digunakan pada karya seni rupa 3D itu?
  3. Dapatkah kalian mengidentifikasi medium yang digunakan pada karya seni rupa 3D itu?
  4. Dapatkah kalian menunjukkan unsur-unsur rupa yang terda- pat pada karya seni rupa 3D itu?
  5. Obyek apa saja yang terdapat pada karya seni rupa 3D itu?
  6. Bagaimanakah penataan unsur-unsur rupa pada karya seni rupa 3D itu?
  7. Manakah karya seni rupa 3D yang mempunyai fungsi benda pakai?
  8. Manakah karya seni rupa 3D yang paling menarik menurut kalian? Jelaskan alasan ketertarikan kalian!


Agar lebih memahami karya seni rupa tiga dimensi, kalian wajib memahami jenis, simbol dan nilai estetis. Selanjutnya, cermati dengan cara melihat secara langsung karya seni rupa tiga dimensi yang ada disekitar kalian. Mengunjungi pameran ataupun melihat dari berbagai reproduksi karya seni rupa di media cetak atau elektronik besar manfaatnya dalam menambah kemampuan kalian.

Karya tiga dimensi terwujud dari berbagai bahan dan medium yang beraneka ragam. Karakter unik dari masing-masing bahan dan medium ini membutuhkan berbagai perangkat dan teknik pengolahan serta penggarapan untuk mewujudkan karya seni rupa itu. Bahan dan medium yang digunakan untuk berkarya seni rupa tiga dimensi dapat berupa bahan alami atau bahan sintetis. Karya seni rupa tiga dimensi ada yang berfungsi sebagai benda pakai yang biasa disebut karya seni terapan (applied art) dan ada yang dibuat dengan tujuan ekspresi semata yang biasa disebut seni murni (pure art)

Nilai estetis karya seni rupa tiga dimensi tampak secara visual dari wujud karya seni rupa itu. Unsur-unsur rupa (unsur fisik) disusun menggunakan prinsip-prinsip penataan (unsur nonfisik) membentuk komposisi wujud karya yang unik dan menarik. Nilai estetis karya seni rupa bersifat obyektif dan subyektif. Nilai obyektif terdapat pada karya seni rupa itu sendiri sedangkan nilai subyektif berada pada penikmatnya.

Karya seni rupa ada yang mempunyai makna simbolik. Unsur-unsur rupa yang terdapat pada karya seni rupa tiga dimensi dapat menunjukkan atau menjadi simbol dari sesuatu.

Berkarya seni rupa tiga dimensi dimulai dengan mencari ide gagasan atau model karya yang akan dibuat. Kegiatan ini dapat diawali dengan membuat rancangan berupa sketsa, dilanjutkan dengan memilih medium, bahan, perangkat dan teknik yang akan digunakan. Alasan-alasan pemilihan gagasan, model hingga teknik berkarya dapat disebut sebagai konsep berkarya seni rupa.

Refleksi

Kekayaan seni budaya Nusantara menghasilkan beraneka ragam karya seni rupa tiga dimensi. Keunikan karya seni rupa tiga dimensi menunjukkan latar belakang budaya, keterampilan dan kreativitas para perupanya. Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki menyumbangkan bermacam-macam bahan dan medium untuk berkarya seni rupa tiga dimensi.

Kalian telah menjadi seorang perupa dengan mencoba membuat karya seni rupa tiga dimensi. Melalui proses berkarya seni rupa itu kalian belajar untuk tekun, disiplin dan bertanggung jawab serta menghargai karya seni rupa yang dihasilkan. Tidak ada karya yang jelek jika kalian sungguh-sunguh mengerjakannya. Setiap karya yang dihasilkan oleh seorang perupa memililki keindahan dan keunikannya tersendiri. Melalui penyajian karya dan saling memberikan tanggapan pada karya yang disajikan, kalian belajar untuk berani mengemukakan pendapat, memupuk rasa percaya diri dan terutama saling menghargai perbedaan, menghargai keragaman yang Tuhan anugerahkan kepada kita semua.




No comments:

Post a Comment