Tuesday, August 4, 2015

Artikel ini membahas tentang Jenis-jenis (Genre) Musik. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Jenis-jenis (Genre) Musik


Setelah mempelajari materi Jenis/Genre Musik ini, kalian diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi beberapa definisi musik dalam masyarakat.
  2. Mendiskusikan beberapa definisi musik yang berkembang dalam masyarakat.
  3. Menemukan suatu definisi musik yang dapat digunakan untuk memahami keragaman jenis atau genre musik dalam masyarakat.
  4. Mengidentifikasi simbol-simbol yang tampak dalam suatu jenis/genre musik.
  5. Mengidentifikasi simbol musikal dalam suatu jenis/genre musik.
  6. Mengidentifikasi simbol non-musikal dalam suatu jenis/genre musik.
  7. Membandingkan simbol musik pada beberapa instrumen dari budaya yang berbeda.
  8. Mendiskusikan hubungan simbol musikal pada instrumen dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat pendukungnya.
  9. Mendiskusikan hubungan simbol non-musikal dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat pendukungnya.
  10. Membedakan pengertian guna dan fungsi musik
  11. Memberi contoh guna dan fungsi musik.
  12. Membandingkan peranan atau fungsi musik dalam konteks yang berbeda.
  13. Mengidentifikasi suatu pola ritmik yang terdengar dalam suatu karya musik.
  14. Menirukan permainan suatu pola ritmik dengan memainkan instrumen perkusif sederhana secara individual.
  15. Memainkan beberapa pola ritmik dalam permainan musik secara berkelompok.


Brbeda dari cabang seni lain, musik mempunyai elemen dasar berupa bunyi. Apabila bunyi dilihat sebagai elemen dasar musik, apakah bunyi yang dihasilkan oleh seseorang yang sedang mengetuk pintu dapat disebut sebagai menghasilkan musik? Apakah bedanya mengetuk pintu yang dilakukan seorang tamu dengan mengetuk pintu dalam konteks pertunjukan musik? Apakah sama tujuannya?

Sebagai salah satu cabang seni, musik tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Sebagai bagian dari kehidupan manusia, musik terdapat dalam setiap kelompok masyarakat di seluruh dunia, Barat, dan Timur. Musik dapat dilihat sebagai kebutuhan ekspresif manusia, yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan kemampuan manusia untuk mengekspresikan perasaan, emosi, atau gagasannya mengenai kehidupan.

Pernahkan kalian menyaksikan pertunjukan musik? Hal apa saja yang menarik perhatian kalian dari pertunjukan itu? Perhatikan beberapa gambar berikut dan cobalah identifikasi hal- hal apa saja yang dapat ditemui serta kemukakan pendapat kalian mengenai gambar itu!

Jenis-jenis (Genre) Musik

Musik adalah salah satu bentuk kebutuhan ekspresif manusia. Sebagai kebutuhan ekspresif, musik digunakan manusia untuk mengekspresikan gagasan atau ide melalui bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh bermacam-macam media atau instrumen yang ada di lingkungan sekitar mereka, baik instrumen bernada atau tidak bernada (perkusif). Kemampuan manusia dalam mengekspresikan gagasan atau ide mereka melalui bunyi yang dihasilkan oleh instrumen-instrumen musik tidak dapat terlepas dari tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Sebagai kebutuhan ekspresif, aktivitas musik dilakukan setiap kelompok manusia di seluruh dunia, Timur dan Barat. Karena masing-masing kelompok manusia hidup dalam lingkungan berbeda maka instrumen dan produksi bunyi yang dihasilkan pun berbeda. Perbedaan pada bentuk instrumen dan bunyi musik yang dihasilkan menyebabkan instrumen dan musik dapat mengandung makna tertentu sehingga musik dan instrumen musik dapat dilihat sebagai simbol.

Sebagai simbol, musik dan instrumen musik mempunyai nilai keindahan atau estetika tersendiri untuk masyarakat pendukungnya. Nilai-nilai keindahan musik pada satu masyarakat berbeda dari masyarakat lainnya yang bergantung pada nilai-nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat. Sebagai kebutuhan ekspresif, musik mempunyai beberapa fungsi dalam masyarakat. Musik seringkali digunakan manusia dalam acara hiburan atau bahkan ritual keagamaan. Sebagai hiburan, musik berfungsi untuk menghibur atau menyenangkan pendengar, sedangkan fungsi musik sebagai ritual sangat berkaitan dengan nilai-nilai kepercayaan atau agama yang diyakini oleh anggota masyarakat yang mempunyai musik itu.

Refleksi

Pemahaman atas definisi musik adalah hal mendasar untuk dapat mengapresiasi segala bentuk musik yang dihasilkan oleh setiap anggota masyarakat di seluruh belahan dunia. Apresiasi pada beragam bentuk musik di masyarakat memperlihatkan sikap penghayatan dan pengamalan serta kebanggaan kita pada karya-karya seni musik sebagai anugerah Tuhan melalui gagasan atau ide para pencipta musik di seluruh belahan dunia.

Dengan dimilikinya pemahaman atas seluruh jenis musik pada setiap masyarakat di seluruh belahan dunia maka kita dapat mengapresiasi simbol-simbol musik. Apresiasi baik pada keragaman simbol, nilai-nilai keindahan, atau fungsi musik dalam masyarakat, memperlihatkan sikap toleran, peduli, santun, responsif, dan proaktif saat berinteraksi dalam lingkungan yang berbeda sehingga mencerminkan sikap anggota masyarakat yang berwawasan luas.

Uji Kompetensi

Aktivitas musikal dengan cara mendengar bermacam-macam bentuk musik merefleksikan apresiasi pada musik. Aktivitas musikal melalui permainan musik memperlihatkan sikap kerjasama, toleransi, tanggung jawab, dan disiplin, yang sangat dibutuhkan oleh seorang anggota masyarakat yang santun, jujur, dan cinta damai dalam mengapresiasi keragaman musik di Indonesia atau dunia.

  1. Sebutkan 3 (tiga) instrumen yang dapat dilihat sebagai simbol musik dari 3 (tiga) daerah berbeda. Tuliskan nama masing-masing instrumen itu, daerah asal, serta karakter musikal dan nonmusikalnya. Lengkapi penjelasan kalian dengan gambar ketiga instrumen itu!
  2. Sebutkan salah satu jenis atau genre musik yang kalian pandang ‘indah’? Jenis musik apakah itu dan mengapa kalian memandang musik itu ‘indah’?
  3. Sebutkanlah satu jenis musik atau lagu yang sering digunakan dalam acara-acara tertentu di lingkungan masyarakat kamu. Dalam konteks apa musik atau lagu itu dimainkan atau dinyanyikan, di mana lokasi acara itu, dan apa fungsi musik atau lagu itu?





No comments:

Post a Comment