Saturday, August 29, 2015

Artikel ini membahas tentang Hubungan Antara Kebudayaan dan Seni di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Hubungan Antara Kebudayaan dan Seni di Indonesia

Perkembangan seni moderen di Indonesia sebagai segi dari perubahan budaya tentu adalah sebuah dari pertanyaan yang lebih luas mengenai pengaruh seni. Pada perdebatan antara pihak timur dan barat mengenai mederenisasi dan westerenisasi? Karena pengaruh itu berpengaruh pada kehidupan barat yang semakin lama semakin masuk kewilayah timur secara menyeluruh.

Secara empiris dapat terlihat bahwa seni yang berkembang di Indonesia telah mengalami stilisasi dari dunia luar, seperti halnya pada masa dunia luar masuk kewilayah aceh ataupun Indonesia pada masa silam yang mereka rata-rata adalah pedagang yang tentunya sudah pasti banyak sisi kebudayaan yang masuk keindonesia yang terus-menerus menjadi awal kebudayaan baru yang menjadikan seni mempunyai banyak pengaruh dari dunia luar.

Antara Kebudayaan dan Seni di IndonesiaIndonesia terkenal sebagai daerah yang dimasuki oleh masyarakat purba dari wilayah cina selatan (teori). Secara kondisional pula Indonesia telah dimasuki banyak daerah seperti halnya pada masa penjajahan dan masa globalisasi 2020 yang itupin akan sangat berpengaruh pada perkembangan dunia kebudayaan yang mengarah pada seni kebudayaan. Jelas terlihat bahwa kebudayaan Indonesia ini tidak dapat dijadikan hak paten masa lalu tetapi selepas Indonesia Merdeka barulah timbul hal yang seperti ini dan bukan tidak mungkin ini adalah stilisasi dari masa terdahulu yang menjdi kebiasaan. Nah jika hal itu terlah benar terjadi. Berarti Indonesia telah mempunyai penggayaan baru dari dunia luar akan han seni dan kebudayaan.

Pendifinisian seni dan kebudayaan secara mendasar juga saling berkaitan yang juga saling berhubung. Dan seni di Indonesia telah terkontaminasi dari duni luar. Hal ini juga berpengaruh pada seni terdahulu. Jika digaris bawahi sifat manusia dahulu adalah nomaden artinya tidak ada yang memurnikan unsure seni sebagai hak kecuali untuk pengaruh latar yang menjadikan tempat. Terlihat bahwa unsure kebudayaan indonesia juga dimiliki oleh orang lain hanya terdapat hal yang dimiliki oleh daerah untuk membedakan sebagai popularitas kabangsaan.





No comments:

Post a Comment