Friday, January 16, 2015

Artikel ini membahas tentang Pengertian, Persamaan dan Perbedaan Nasyid dengan Akapela. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian, Persamaan dan Perbedaan Nasyid dengan Akapela

Pengertian Akapela

Seni musik akapela merupakan suatu teknik bernyanyi yang biasanya dilakukan secara berkelompok tanpa diiringi alat musik. Seni musik ini merupakan musik dari suara mulut yang meniru suara alat-alat musik lainya seperti gitar, drum, perkusi dan lain sebagainya. Saat ini mungkin sudah banyak yg tahu apa itu akapela yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu memiliki keharmonian dan persatuan nada indah yang dapat membuat bulu kuduk merinding akan keindahan suaranya.

Berbeda dengan Indonesia, di Negara Negara barat musik akapela cukup berkembang pesat. Dibuktikan dengan saat ini muncul kontes vocal berbasis akapela bertajuk, Sing Off. Kualitas dan kreativitas musik akapela di luar negeri terus berkembang, jika dulu kita mengenal BoyzIIMen, All 4 One, atau Neri Percaso, sejak Sing Off digelar, setidaknya ada belasan grup musik akapela yang eksis dan mempunyai banyak penggemar, seperti Pentatonix.

Pengertian Nasyid

Nasyid (Arab: أناشيد) adalah senandung bercorak Islam yang biasanya berisi pujian kepada Allah, kata-kata nasihat, kisah para nabi, dan yang berkaitan dengan dengan Islam lainnya. Nasyid biasanya dinyanyikan secara akapela atau dengan diiringi gendang (duff). Hal ini terjadi karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.

Pengertian, Persamaan dan Perbedaan Nasyid dengan Akapela
Nasyid
Pada awal sejarahnya nasyid dibawakan dengan alunan bercorak padang pasir, tetapi kini kumpulan grup nasyid telah berinovasi membawa perbagai bercorak baru untuk para pendengar. Pembaharuan ini menjadikan lagu-lagu nasyid lebih menarik dan memiliki daya saing yang lebih tinggi dalam bidang seni.

Dari penjelasan di atas jelaslahlah bawa perbedaan antara Nasyid dan akapela adalah :

  1. Nasyid lebih bercorak Islam, sedangkan akapela coraknya umum
  2. Nasyid ada yang dinyanyikan secara akapela, tapi terkadang juga diiringi musik perkusi
  3. Akapela dinyanyikan tanpa alat musik sama sekali, sedangkan nasyid bisa menggunakan, bisa juga tidak

Sedangkan persamaan nasyid dan akapela adalah sama-sama dilakukan secara berkelompok dan mengandalkan suara untuk meniru alat-alat musik.




4 comments:

  1. Sebenarnya Nasyid itu adalah dakwah melalui seni suara. Sedangkan dalam seni suara baik menyanyi secara group maupun solo, terbagi lagi menjadi 2 gaya penyajian : diiringi alat musik dan tidak diiringi alat musik (acapella). Jadi tidak bisa dibandingkan Nasyid dengan Acapella. Karena Nasyid adalah jenis musik religi sedangkan Acapella adalah gaya penyajian / kemasannya. Kalau ingin membandingkan Nasyid sebaiknya dengan Qosidah, Gambus, Hadrah, Terbangan, Shalawat, Sambrah, Panting Banjar (Kalimantan), Burdah dan Marawis.

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya Nasyid itu adalah dakwah melalui seni suara. Sedangkan dalam seni suara baik menyanyi secara group maupun solo, terbagi lagi menjadi 2 gaya penyajian : diiringi alat musik dan tidak diiringi alat musik (acapella). Jadi tidak bisa dibandingkan Nasyid dengan Acapella. Karena Nasyid adalah jenis musik religi sedangkan Acapella adalah gaya penyajian / kemasannya. Kalau ingin membandingkan Nasyid sebaiknya dengan Qosidah, Gambus, Hadrah, Terbangan, Shalawat, Sambrah, Panting Banjar (Kalimantan), Burdah dan Marawis.

    ReplyDelete
  3. akapela adalah teknik penyajian karya musik yang digunakan dalam bernasyid. akapela adalah cara penyajian (menampilkan).

    ReplyDelete