Wednesday, January 28, 2015

Artikel ini membahas tentang Pengertian Pertunjukan Musik. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Pertunjukan Musik


Sesuai dengan pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , istilah pertunjukan berarti sesuatu yang dipertunjukkan atau tontonan (bioskop, wayang, dan sebagainya), atau juga pameran. Mengacu pada pengertian itu maka apakah pengertian dari pertunjukan musik?

  1. Apa saja yang membedakan pertunjukan musik profesional berbeda dari pertunjukan musik bagi murid sekolah?
  2. Mengapa pertunjukan musik profesional pertunjukan musik bagi murid sekolah?


Berdasarkan apa yang dinyatakan di atas, cobalah analisis perbedaan antara pertunjukan musik yang dilakukan oleh para musisi dan seniman pertunjukan musik yang dilakukan siswa sekolah.

Walaupun berbeda, pertunjukan musik yang dilakukan untuk murid di sekolah tetap menggunakan teknik dan prosedur yang sama dengan yang dilakukan dalam pertunjukan musik untuk musisi profesional. Pertunjukan musik bagi murid dapat dilihat sebagai bagian dari pembelajaran musik di sekolah, yaitu memberi pengalaman pada para murid untuk memahami bagaimana melakukan suatu pertunjukan musik. Untuk lebih jelasnya, perhatikan empat gambar berikut:


Amati perbedaan pada keempat gambar di atas dan cobalah jawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. Siapakah pelaku dalam pertunjukan musik dalam keempat gambar di atas?
  2. Apakah para pelaku pertunjukan musik dalam keempat gambar di atas memperlihatkan kolaborasi seni? Sebutkan cabang seni yang dilibatkan dan bagaimana masing-masing cabang seni digunakan?
  3. Bagaimana prakiraan kamu mengenai waktu persiapan dan dana yang dibutuhkan pada masing-masing pertunjukan?
  4. Dari keempat gambar di atas, gambar nomor berapa yang paling mewakili pertunjukan musik sekolah?
  5. Menurut pandangan kamu, bagaimana sebaiknya suatu pertunjukan musik bagi murid di sekolah diselenggarakan?


Berdasarkan jawaban kamu, apakah pertunjukan musik berkontribusi secara positif pada perkembangan pengetahuan dan kemampuan kalian dalam bidang musik? Kalau kalian menjawab “ya” atau “tidak”, diskusikan jawaban itu dengan beberapa teman atau dalam kelompok dan uraikan penjelasan kamu.




No comments:

Post a Comment