Wednesday, January 7, 2015

Pelaksanaan Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah

1. Pelaksanaan Kerja Kepanitiaan Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah


Pelaksanaan pameran karya seni rupa di sekolah mencakup kegiatan pelaksanaan kerja panitia secara bersama-sama, penataan ruang, pelaksanaan pameran dan penyusunan laporan.

Pelaksanaan pameran merupakan puncak dari implementasi rencana yang telah disusun sebelumnya pada tahap perencanaan pameran  dan persiapan pameran. Pelaksanaan kegiatan ini akan berjalan dengan lancar bila semua pihak di sekolah khususnya panitia pameran melakukan kerjasama dan berkomitmen untuk mensukseskan pameran tersebut.

2. Penataan Ruang Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah

Sebelum dilakukan penataan ruang pameran, panitia terlebih dulu membuat rancangan denah ruang pameran. Denah ini berfungsi untuk mengatur arus pengunjung, komposisi penataan karya seni yang serasi, pengaturan jarak dan tinggi rendah pandangan terhadap karya dua dimensi dan tiga dimensi dan lain-lain.
Pelaksanaan Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah
Pelaksanaan Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah

Sehubungan dengan penataan ruang pameran, beberapa hal yang perlu perhatikan di antaranya:

  • karya yang memiliki komposisi warna yang kuat hendaknya tidak didekatkan dengan karya dengan komposisi warna yang lemah,
  • karya dengan komposisi warna yang kurang hendaknya tidak diletakan pada ruang yang sedikit sinar karena akan semakin memperlemah warna yang ada,
  • pemberian cahaya lampu jangan sampai dapat menyilaukan mata atau mengganggu pandangan orang yang melihatnya,
  • pemasangan karya hendaknya sejajar dengan pandangan mata, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah,
  • pemasangan karya yang lebih tinggi dari rata-rata tubuh pengunjung harus dibuat condong ke bawah sehingga mudah dinikmati,
  • letakan beberapa pot bunga yang berisi tanaman hias untuk memperindah dan menyegarkan ruangan,
  • letakan karya tiga dimensi pada tempat yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang,
  • pengelompokan karya harus memperhatikan ukuran lukisan,
  • jika tidak ada AC perlu menempatkan kipas angin untuk menghilangkan suasana panas,
  • sediakan tempat sampah di sudut-sudut ruangan untuk menjaga kebersihan


Penataan alur arus pengunjung perlu disesuaikan dengan kondisi ruang. Dalam pameran sekolah dapat dibagi menjadi dua model alur yaitu : (1) pengaturan lalu lintas pengunjung bila pameran dilakukan di dalam ruang kelas dengan satu pintu dan (2) pengaturan lalu lintas pengunjung bila pameran dilakukan di dalam ruang kelas dengan dua pintu.

3. Penataan Pencahayaan Ruang Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah

Aspek lain yang tidak kalah pentingnya dalam penataan ruang pameran seni rupa adalah aspek pencahayaan. Penataan cahaya ruang pameran dikelompokan menjadi pencahayaan secara khusus (pencahayaan terhadap karya dengan menggunakan spot-light) dan secara umum (pencahayaan ruang pameran untuk kepentingan pengunjung membaca katalog, folder dan sebagainya). Pencahayaan terhadap karya ini diupayakan tidak menyilaukan dan mengganggu pandangan pengunjung.

4. Pembukaan Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah

Pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah biasanya dimulai dengan kegiatan pembukaan pameran yang ditandai dengan kata sambutan dari ketua panitia pelaksana, pembimbing, serta acara sambutan sekaligus pembukaan pameran oleh Kepala Sekolah atau yang mewakilinya. Pada waktu acara pembukaan bisanya setiap pengunjung dibagi katalog pameran dan dipersilahkan untuk mencicipi jamuan yang telah disediakan oleh panitia.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika pengunjung mengunjungi ruang pameran, di antaranya:
  1. pengunjung diupayakan mengisi buku tamu, 
  2. bila masih ada, pengunjung yang hadir diberi katalog, 
  3. sewaktu-waktu panitia mengamati suasana ruangan seperti kondisi pencahayaan, dan keutuhan karya yang dipamerkan; 
  4. untuk memandu para pengunjung pameran dalam menikmati materi pameran, maka peran Seksi Stand sebagai pemandu pameran perlu bekerja secara profesional untuk memberikan arahan dan penjelasan kepada para pengunjung; 
  5. pengunjung pameran hendaknya dipersilahkan mengisi buku kesan dan pesan, hal ini sangat berguna untuk menilai tanggapan pengunjung terhadap proses pelaksanaan pameran dan karya yang dipamerkan.

5. Laporan Kegiatan Pameran  Karya Seni Rupa di Sekolah

Laporan kegiatan pameran di sekolah secara tertulis dibuat oleh panitia pemeran sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan pameran seni rupa. Laporan ini ditujukan kepada Kepala Sekolah sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap segala kegiatan di sekolah. Laporan kegiatan juga diberikan kepada sponsor utama jika ada pihak sponsor yang memintanya. Sebagai penyandang dana utama kegiatan pameran, pihak sponsor tentu saja ingin mengetahui bagaimana dana yang diberikannya digunakan secara baik oleh panitia.

Laporan kegiatan pameran tidak hanya berisi hal-hal yang baik saja tetapi juga kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan. Laporan berfungsi juga sebagai alat untuk mengevaluasi kegiatan pameran sehingga kelemahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan pameran dapat diperbaiki oleh panitia dalam kegiatan pameran seni rupa di sekolah pada masa yang akan datang.

Tanya Jawab singkat seputar Pelaksanaan Pameran Karya Seni Rupa di Sekolah

Bagaimana tahapan dalam pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah?

Tahapan dalam pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Bagaimanakah biasanya pelaksanaan pameran di sekolah dimulai?

Pelaksanaan pameran di sekolah biasanya dimulai dengan perencanaan, melibatkan pembentukan panitia dan penetapan tema, serta anggaran yang diperlukan.

Apa saja yang dilakukan pada saat pelaksanaan pameran?

Saat pelaksanaan pameran, kegiatan meliputi penyusunan dan pengaturan karya seni, pembukaan pameran, pengawasan dan pemeliharaan selama pameran berlangsung, serta penutupan dan evaluasi.

Mengapa pelaksanaan pameran karya seni rupa di sekolah?

Pelaksanaan pameran karya seni rupa di sekolah bertujuan untuk mengapresiasi karya siswa, meningkatkan kemampuan kreatif, serta memperkenalkan dan mempromosikan karya seni rupa kepada masyarakat.

Bagaimana tahap pelaksanaan dalam kegiatan pameran seni rupa?

Tahap pelaksanaan kegiatan pameran seni rupa meliputi persiapan (pembentukan panitia, pemilihan tema, dan penyusunan anggaran), pelaksanaan (pengaturan karya seni, pengawasan, dan pemeliharaan), serta evaluasi (analisis keberhasilan dan perbaikan untuk pameran berikutnya).

Tuliskan tiga langkah langkah tahap pelaksanaan pameran di sekolah?

1. Perencanaan dan persiapan, 2. Pelaksanaan, 3. Evaluasi dan penutupan.

Empat langkah dalam pelaksanaan kegiatan pameran?

1. Pembentukan panitia, 2. Penyusunan anggaran dan pemilihan tema, 3. Pengaturan karya seni dan pembukaan pameran, 4. Penutupan dan evaluasi.

Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam kegiatan pameran seni rupa di sekolah?

Yang perlu dipersiapkan meliputi pembentukan panitia, pemilihan tema, penyusunan anggaran, pengumpulan karya seni, dan pengaturan lokasi pameran.

Apa yang kamu ketahui tentang pameran di sekolah?

Pameran di sekolah adalah kegiatan yang menampilkan karya seni atau hasil kreativitas siswa dalam bentuk pameran untuk dinikmati dan dinilai oleh masyarakat sekolah dan umum.

Apa saja manfaat pameran di sekolah bagi siswa?

Manfaat pameran di sekolah bagi siswa antara lain meningkatkan rasa percaya diri, mengapresiasi karya siswa, mengasah kemampuan kreatif, serta memperkenalkan dan mempromosikan karya seni kepada masyarakat.

Jenis pameran Apakah yang diselenggarakan di sekolah?

Jenis pameran yang diselenggarakan di sekolah meliputi pameran seni rupa, pameran karya ilmiah, pameran hasil kegiatan ekstrakurikuler, dan pameran produk kreatif siswa.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menyelenggarakan pameran di sekolah adalah?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah perencanaan, mencakup pembentukan panitia, pemilihan tema, dan penyusunan anggaran kegiatan pameran.

Apa saja aspek yang dinilai dalam pameran seni rupa di sekolah?

Aspek yang dinilai dalam pameran seni rupa di sekolah meliputi orisinalitas, teknik, estetika, konsep, dan penyampaian pesan dalam karya seni.

Apa tujuan dari pelaksanaan kegiatan pameran?

Tujuan pelaksanaan kegiatan pameran adalah untuk mengapresiasi karya seni atau hasil kreativitas siswa, meningkatkan kemampuan kreatif, serta memperkenalkan dan mempromosikan karya kepada masyarakat.

Apa manfaat dari pameran seni rupa?

Manfaat pameran seni rupa meliputi pengakuan dan apresiasi karya seni, peningkatan kreativitas seniman, serta promosi dan pengenalan karya seni kepada masyarakat.

Apa contoh dari pameran seni rupa?

Contoh pameran seni rupa meliputi pameran lukisan, pameran fotografi, pameran patung, dan pameran instalasi seni.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pameran karya seni rupa di sekolah?

Pameran karya seni rupa di sekolah adalah kegiatan yang menampilkan karya seni rupa yang dibuat oleh siswa untuk dinikmati, dinilai, dan diapresiasi oleh masyarakat sekolah dan umum.

Materi pameran seni rupa di sekolah ada 3 sumber sebutkan apa saja?

Tiga sumber materi pameran seni rupa di sekolah meliputi hasil karya siswa, karya seni yang dihasilkan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan karya seni yang dihasilkan dalam kegiatan lomba atau kompetisi.

Langkah langkah dalam membuat pameran?

Langkah-langkah dalam membuat pameran meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskan pengertian pameran karya seni rupa?
2. Sebutkan dan jelaskan tujuan, manfaat serta fungsi pameran karya seni rupa?
3. Apa yang harus dituliskan dalam proposal kegiatan pameran karya seni rupa?
4. Bagaimana memilih dan menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan?
5. Seksi apa yang tugasnya paling berat dalam penyelengaraan pameran ?

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.