Monday, January 12, 2015

Artikel ini membahas tentang Fungsi Kritik Karya Seni rupa. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Fungsi Kritik Karya Seni rupa

Fungsi kritik karya seni rupa  sangat penting dalam dunia seni rupa dan dalam pendidikan seni. Fungsi kritik seni rupa yang pertama dan utama adalah untuk menjembatani persepsi dan apresiasi artistik dan estetik karya seni rupa, antara pencipta (perupa), karya, dan penikmat seni. Komunikasi antara karya yang disajikan kepada penikmat seni akan membuahkan interaksi timbal-balik antara keduanya.

Bagi seniman perupa, kritik seni memiliki fungsi untuk mendeteksi kelemahan, mengupas kedalaman, serta membangun kekurangan pada karya seninya. Sedangkan bagi apresiastor atau penikmat karya seni, kritik seni akan membantu mereka untuk memahami karya, meningkatkan wawasan dan pengetahuannya terhadap karya seni yang berkualitas.

Fungsi Kritik Karya Seni rupa

Kritik karya seni rupa memiliki fungsi untuk menjebatani persepsi dan apresiasi artistik antara perupa dan penikmatnya. Coba kalian jelaskan fungsi kritik seni dalam konteks pembelajaran di sekolah dimana kalian sebagai perupanya dan teman kalian sebagai apresian atau penikmat seninya.




No comments:

Post a Comment