Thursday, December 4, 2014

Artikel ini membahas tentang Pengertian dari Objek Menggambar. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian dari Objek Menggambar


Apakah pengertian dari objek menggambar ?
Walaupun banyak pelukis beraktivitas dengan hanya mengandalkan imajinasinya saat menggambar, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak juga pelukis yang menggambar dengan menggunakan objek.
Yang dimaksud dengan objek menggambar adalah objek yang digunakan oleh pelukis sebagai contoh atau model lukisannya.

Objek yang tidak akan pernah habis untuk digambar adalah alam semesta. Kekayaan flora, fauna dan juga alam benda merupakan objek yang dapat kita gambar. Keindahan flora, fauna dan juga alam benda merupakan sumber inspirasi dan eksplorasi yang tak terbatas dalam menggambar.

Menggambar bentuk 

Menggambar bentuk artinya menggambar dengan meniru bentuk objek alam atau objek benda yang sebenarnya. Atau dengan Kata lain, pengertian gambar bentuk adalah gambar yang dihasilkan sesuai dengan kondisi aslinya.
Dalam bidang seni rupa, bentuk terbagi atas dua macam, yaitu: Bentuk Figuratif dan Bentuk Nonfiguratif. Bentuk Figuratif artinya bentuk nyata sesuai dengan aslinya, sedangkan bentuk Nonfiguratif artinya bentuk yang tidak nyata.

Selain itu, dapat juga digolongkan dalam:

  • Bentuk Abstrak, yaitu bentuk yang tidak nyata atau tidak meniru benda yang terdapat di alam
  • Bentuk Geometris, yaitu bentuk yang beraturan
  • Bentuk Non-geometris, yaitu bentuk yang tidak beraturan
  • Bentuk Stilasi, yaitu bentuk yang dihasilkan dari hasil modifikasi bentuk hewan maupun tumbuhan. Contohnya pada batik.
  • Bentuk Visual Realistis atau Naturalis, yaitu bentuk yang terdapat di alam dan dibuat sesuai dengan kondisi aslinya.





1 comment:

  1. Objek Menggambar yang dituliskan di sini sangat lengkap dan dapat menjadi pelengkap Pengertian dan Objek Menggambar sehingga Ilmu mengenai Materi Seni Budaya ini akan bermanfaat

    ReplyDelete