Friday, November 7, 2014

Artikel ini membahas tentang Ragam Permainan untuk Teater. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Ragam Permainan untuk Teater

1. Ragam Permainan untuk Teater: Menghindar dari Serangan Lebah


Permainan ini dilakukan secara berkelompok. Mula-mula kita berjalan dari X ke Y dan kembali lagi ke posisi X. Lalu berjalan lagi sambil membayangkan ada seekor Kumbang/Tawon menyerang kita. Kita harus menghindar dari serangan Kumbang/Tawon itu. Latihan dilanjutkan dengan membayangkan Kumbang/Tawon-nya bertambah banyak 5, 10, 50, 100 dan seterusnya. Kemudian kita mencoba untuk menjadi lebahnya.

2. Ragam Permainan untuk Teater: Jalan yang Licin


Ragam Permainan untuk TeaterPermainan ini juga dilakukan secara berkelompok. Masing-masing pemain membayangkan berjalan di jalan yang licin. Jaraknya ditentukan oleh pelatih. Misalnya, dari sudut X ke Y yang berjarak 10 sampai 20 meter. Apa pun yang dilakukan oleh pemain adalah yang terbaik. Jangan disalahkan. Yang salah adalah bila ada pemain yang meniru apa yang dilakukan temannya. Dalam latihan seperti ini, yang dihindari adalah meniru. Pelatih harus membebaskan pemain. Biarkan mereka berlaku berdasarkan imajinasinya masing-masing.

Variasi dari latihan ini, ialah:
a. Berjalan di jalanan yang lengket.
b. Berjalan di jalanan yang berlubang.
c. Berjalan di jalanan yang tergenang atau banjir.
d. Berjalan di jalanan yang panas.
e. Berjalan dengan kaki yang tidak bisa ditekuk.
f. Berjalan dengan kaki yang tidak bisa diluruskan.


Sumber : S.C. Bangun dkk. Buku Seni Budaya SMK/MA/SMA/MAK Kelas IX Semester I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014




No comments:

Post a Comment