Tuesday, November 4, 2014

Artikel ini membahas tentang Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional Indonesia

Untuk merangkai gerak dasar tari tradisional Indonesia, kita mengacu pada komposisi gerak tari secara umum. Secara teori, komposisi gerak dibuat dengan 4 proses atau 4 bagian yaitu (1) Eksplorasi, (2) Improvisasi, (3) Evaluasi dan (4) Komposisi.

1. Eksplorasi

Eksplorasi merupakan pengalaman penari dalam melakukan penjajakan gerak, untuk menghasilkan ragam gerak. Pada kegiatan ini, penari  berimajinasi melakukan interpretasi terhadap apa yang telah dia lihat, dengar, atau dia raba. Penari dapat dengan bebas bergerak mengikuti apa kata hatinya, mengikuti imajinasi dan juga interpretasinya.

2. Improvisasi

Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional IndonesiaYang dimaksud dengan improvisasi adalah pengalaman penari yang secara spontanitas mencoba atau mencari-cari berbagai kemungkinan ragam gerak yang telah diperoleh pada waktu eksplorasi. Dari setiap ragam gerak yang telah dihasilkan pada waktu eksplorasi, selanjutnya dapat dikembangkan dari aspek tenaga, ruang dan waktu sehingga menghasilkan ragam gerak yang sangat banyak.

3. Evaluasi

Yang dimaksud dengan evaluasi adalah pengalaman penari untuk menilai sekaligus menyeleksi ragam gerak yang telah mereka hasilkan pada tahap improvisasi. Dalam kegiatan ini penari mulai menyeleksi ragam gerak yang mereka rasakan tidak sesuai agar tidak digunakan dan memilih ragam gerak yang sesuai dengan gagasannya. Hasil inilah yang akan digarap selanjutnya oleh penari pada tahap komposisi tari.

4. Komposisi

Komposisi merupakan tujuan akhir mencari gerakan untuk selanjutnya membentuk tari dari gerak yang ditemukan.

Aktivitas-aktivitas untuk Mengeksplorasi Gerak
  1. Lakukanlah eksplorasi gerak berdasarkan ragam gerak kepala, badan, tangan dan kaki.
  2. Lakukanlah improvisasi dari eksplorasi yang dilakukan sebelumnya.
  3. Lakukanlah pemilihan gerak menurut kata hatimu.
  4. Rangkaikanlah gerak yang telah terpilih sehingga menjadi komposisi tari.
  5. Tampilkanlah komposisi tarian yang dibuat itu di lingkungan sekolahmu.

Sumber : S.C. Bangun dkk. Buku Seni Budaya SMK/MA/SMA/MAK Kelas IX Semester I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014




1 comment: